Cynon ap Clydo

https://en.wikipedia.org/wiki/Cynon_ap_Clydno
sumber : https://en.wikipedia.org

Cynon adalah seorang pahlawan dari legenda Arthurian yang berasal dari mitologi Welsh. Terjemahan namanya biasa dieja menjadi Kynon atau Cynan. Kisahnya seperti Castle of Maidens dan Black Knight memulai kisah awal petualangan Owain dan Lady of the Fountain.

Cynon memiliki keterkaitan erat dengan karakter Calogen atau Calogenant. Dalam versi ceritanya, Cynon mengambil peran yang dimainkan oleh Calogen.

Cynon merupakan putra dari Clydno Eiddin. Eiddin adalah penguasa dari tanah Eidyn di Hen Ogledd, bagian Ingris Utara serta Skotlandia. Cynon dalam mitologi Welsh adalah orang Inggris yang melawan bangsa Angles di Pertempuran Catraeth.

Pertempuran Catraeth membawa bencana besar. Dalam puisi Aneirin disebutkan hanya ada 4 korban yang selamat termasuk Cynon.

Cynon memiliki rasa cinta pada Morvydd(Morvyth), putri Urien Rheged, juga saudara Owain. Kisahnya tersebut muncul dalam kisah Owain, or Lady of the Fountain sebagai pengganti peran Calogenant.

Karena cintanya pada Morvydd dia dikenal sebagai salah satu dari Tiga Pencinta Bergairah. Kisah lainnya diperankan oleh Caswallawn putra Beli kepada putri Mugnach Gorr. Juga untuk kisah Trystan dengan istri pamannya March Meirchawn yang bernama Yseult.

Di Pengadilan Raja Arthur, Cynon memainkan peran sebagai Tiga Ksatria Penasihat. Ksatria penasihat yang lain adalah Aron putra Cynfarch dan Llywarch putra Lama Elidir Lydanwyn. Arthur sering kali bertindak atas saran ketiganya.

Castle of Maidens

Baik Cynon atau Owain hadir dalam sebuah perjamuan di istana Raja Arthur di Caerleon. Setelah pesta berlangsung Arthur mengumumkan bahwa dirinya pensiun dan bergabung denga Guinevere. Mereka memulai kisah sebagai pedagang.

Cynon bercerita tentang kisahnya pergi ke wilayah tak dikenal untuk mencari lawan yang layak. Dia berkenalan melewati sebuah lembah dan mengikutinya sampai di sebuah kastil yang bersinar oleh lautan.

Tuan rumahnya adalah seorang pria berambut pirang. Kastil tersebut dihuni olehnya dan dua puluh empat gadis yang digambarkan oleh Cynon semuanya lebih cantik dari Guinevere. Tuan rumah menyambut Cynon dan menceritakan tentang ‘penjaga hutan’. Seorang pria berkulit hitam besar dengan satu kaki dan satu mata yang akan mengarahkan Cynon pada ksatria tujuannya.

Akhirnya Cynon memulai perjalanannya ke hutan setelah kembali dari lembah. Dia menemukan penjaganya yang seorang raksasa. Sedangnkan Arthur Cotterell menggambarkannya sebagai Fomoria atau dewa laut cacat dari mitologi Irlandia.

Penjaga tersebut dikelilingi oleh hewan buas dan tampak memiliki kekuatan sihir. Dalam kedatangannya, Cynon diolok-olok oleh penjaga tersebut.  Cynon menahan amarahnya dan diarahkan kepada ksatria yang dicarinya.

Dia harus menempuh jalan keluar dari hutan, di mana ia harus memanjat sebuah bukit. Di atas bukit Cynon diberi tahu untuk mencari pohon besar. Dari bawah pohon tersebut mengeluarkan air dan didekatnya ada lempengan marmer yang diikat oleh rantai perak.

Cynon diperintahkan untuk mengisi mangkuk dengan air yang keluar dari pohon. Dia harus membasahi lempengan tersebut untuk memanggil seorang ksatria hitam yang akan keluar bersama kuda hitamnya.

Lalu guntur diikuti badai es mengerikan menerjangnya. Hal itu hampir membunuh Cynon dan kudanya. Cuaca tiba-tiba menjadi cerah dan burung-burung bernyanyi. Seorang ksatria menghampirinya.

Ksatria tersebut mengatakan bahwa ksatria yang membunuh orang-orang dan hewan-hewan di daratan tidak akan selamat dari badai saljunya. Ksatria hitam tersebut tiba-tiba menyerang Cynon. Seketika Cynon berhasil dikalahkannya. Dia mengusir Cynon dari tempat itu.

Cynon berjalan kembali ke hutan di mana penjaga masih menunggu sana. Penjaga itu mengejek dan mempermalukan Cynon lebih jauh. Akhirnya Cynon kembali ke kastil di ujung lembah dan dirwat oleh tuan kastil. Cynon diberi kuda baru untuk melanjutkan perjalanan pulangnya.

Setelah berhenti bercerita di perjamuan, Cynon menyatakan bahwa ia masih menyimpan kuda pemberian tuan rumah kastil tempat ia menginap. Owain sendiri sedikit skeptis atas keseluruhan cerita Cynon.

Keesokan harinya Owain menunggangi kudanya dan memulai petualangannya sendiri untuk mencari Ksatria Hitam. Ketika Owain gagal dalam misi ini, Arthur mengumpulkan 3.000 pasukan dan menjadikan Cynon sebagai pemandunya.

Arthur memanggil Ksatria Hitam tersebut. Semua ksatria miliknya dibabat habis satu per satu oleh Ksatria hitam. Lalu terungkap bahwa sosok Ksatria Hitam tersbut adalah Owain. Owain menggantikan peran Ksatria Hitam setelah berhasil membunuhnya dalam misi.

Pranala Sumber :

Comments