4 Sejata/Perlengkapan Tempur yang Dimiliki Arthur Pendragon



Diketahui bahwa Arthur Pendragon adalah pemilik dari pedang legendaris Excalibur. Pedang tersebut memiliki daya magis luar biasa dahsyat serta membuat banyak kemenangan bagi Arthur. Kisah Arthur sendiri tidak pernah lepas dari Excalibur.

Namun selain Excalibur, Arthur memiliki dua senjata lain. Pertama adalah Carnwennan, sebuah belati dengan kemampuan menghilang. Kedua adalah tombak Rhongomyniad, sebagai tombak pembunuh milik Arthur.

Selain senjata Arthur juga memiliki sebuah perisai. Perisai yang terlihat kuno bahkan di masanya sendiri. Berbentuk lingkaran dan bukan memanjang seperti milik ksatria lain. Namanya adalah Wynebgwrthucher.

Excalibur

Beberapa orang percaya bahwa Excalibur merupakan “Pedang di Batu” atau The Sword in Stone. Dalam kisah Arthur pedang ini muncul sebagai perantara Arthur menjadi raja Camelot. Dia berhasil mengangkat pedang tersebut dan menunjukkan dirinya sebagai pewaris sah Raja.

Dalam beberapa kisah pedang Excalibur diberikan kepada Arthur setelah dia dilantik menjadi raja. Merlin bertanggung jawab mengantarnya ke Excalibur yang dipegang oleh The Lady of Lake. Selain mendapatkan Excalibur dia juga mendapatkan sarung pedang Excalibur yang memeliki kekuatan untuk penyembuhan luar biasa.

Dalam saat-saat terakhirnya Arthur menyuruh Bedivire untuk membuang Excalibur ke Danau. Pedang tersebut kini telah menjadi mitos mendunia. Dikatakan bahwa Excalibur akan muncul kembali di masa depan dan raja baru akan terlahir kembali.

Carnwennan

Carnwennan memiliki arti “Gagang Kecil Putih”. Carnwennan adalah sebuah belati milik Arthur. Belati ini memiliki kekuatan menghilangkan keberadaan penggunanya dalam remang-remang bayangan.

Belati milik Arthur ini sangat cocok untuk pembunuhan atau assassinate. Belati tersebut mampu membunuh seorang raksasa. Arthur menggunakannya ketika melawan putri penyihir dari Orwen, dia bernama Orddu. Dengan Carnwennan, Arthur membelah tubuhnya menjadi dua.

Rhongomyniad

Dalam beberapa rumor yang beredar tombak tersebut sebelumnya milik Uther. Tombak tersebut ditempa oleh seorang pandai besi bernama Griffin dan tempat penempaannya ada di Carmarthen. Rhongomyniad sendiri memiliki arti “Tombak Pembunuh”.

Dalam perang Camlann Arthur menggunakan tombak Rhongomyniad untuk melawan Mordred. Ketika Excalibur dihempaskan dari tangannya atau dalam versi berbeda ketika Arthur tidak membawa Excalibur. Tombak itulah yang berhasil menghabisi Mordred dalam perang Camlann.

Wynebgwrthucher

Wynebgwrthucher berarti “wajah malam”. Dalam perisai tersebut terdapat gambar dan sedikit kurang jelas. Beberapa orang percaya itu adalah gambar salib. Beberapa orang percaya bahwa itu bukan gambar salib melainkan gambar Maria.

Pranala Sumber :

Comments