Zeus



Zeus adalah dewa dari agama Yunani Kuno yang dipersonifikasikan sebagai langit dan guntur dewa. Dia memerintah pada dewa sebagai raja dewa di Gunung Olympus. Namanya seasal dengan nama Jupiter dari Romawi. Dalam mitologi kekuatannya serupa dengan dewa-dewa indo-Eropa seperti Yupiter, Perkura, Perun, Indra dan Thor.

Zeus sendiri adalah putra dari Cronus dan Rhea. Dia adalah anak bungsu mereka dan kadang-kadang disebut sebagai anak tertua karena menggulingkan takhta Cronus. Sebagian besar tradisi menyebutkan bahwa Zeus menikah dengan Hera dan menjadi ayah dari Ares, Hebe dan Hephaestus.

Dalam The Oracle of Dodona(orasi Dodona) disebutkan bahwa dia menjadi pendamping Dione dan oleh Iliad dinyatakan sebagai ayah dari Aphrodite. Zeus juga terkenal akan sejumlah petualangan erotis. Karenanya dia memiliki banyak keturunan dewa seperti Athena, Apollo, Artemis, Hermes, Persephone, Dionysus, Perseus, Heracles, Helen dari Troy, Minos dan Muses.

Zeus sangat dihormati sebagai seorang ayah dan pemimpin para dewa, bahkan dewa yang bukan keturunannya memanggilnya dengan sebutan “ayah”. Zeus disimbolkan dengan petir, elang, banteng dan pohon ek.

Mitologi

-         Kelahiran

Cronus memiliki beberapa anak oleh Rhea seperti Hestia, Demeter, Hera, Hades dan Poseidon. Karena takut akan karmanya, dia menelan mereka semua. Rhea, Gaia dan Uranus menyusun rencana agar anak terakhir tidak berakhir seperti itu.

Ketika anak terakhir, Zeus, terlahir, Rhea dengan segera menukarnya dengan bongkahan batu dan menyelamatkannya. Zeus yang lahir di Kreta tetap menetap di gua dan batu yang dibawa Rhea ditelan oleh Cronus.

-         Fase Bayi

Versi pertama oleh Hyginus dikatakan bahwa Zeus dibesarkan oleh nimfa bernama Amalthea. Karena Saturnus(Cronus) memerintah akan bumi, langit dan laut, Zeus disembunyikan dengan menggantungnya di atas tali dari pohon sehingga posisinya menggantung antara bumi, laut dan langit agar tidak terlihat oleh Cronus.

Versi kedua dalam Pseudo-Apollodorus dikatakan bahwa seekor kambing berama Amalthea membersarkannya di sebuah gua yang disebut Dictaeon Antron. Sekelompok prajurit bernama Kouretes menari, berteriak serta menikam tombak dengan perisai agar Cronus tidak dapat mendengarkan tangisan Zeus.

-         Raja Para Dewa

Setelah dewasa, Zeus berhasil memaksa Cronus untuk memuntahkan batu yang ditelannya dulu. Lalu secara berurutan saudara-saudaranya yang ditelan juga dimuntahkan.

Dalam beberapa versi dikatakan Metis memberi Cronus emetik agar memuntahkan saudara-saudara Zeus. Zeus memotong perut Cronus hingga terbuka. Setelah saudara-saudaranya terbebas, Zeus membesarkan mereka karena mereka masih bayi. Kemudian Zeus membebaskan para Hecatonchire dan Cyclope dari penjara bawah tanah Tartarus serta membunuh Campe.

Sebagai balasan Cyclope memberi Zeus petir. Bersama saudara-saudaranya serta para Hecatonchire dan Cyclope, dia menggulingkan kekuasaan Cronus dan para titan lainnya. Pertempuran tersebut disebut Titanomachy.

Para titan yang dikalahkan dilemparkan ke Tartarus. Titan Atlas dihukum untuk mengangkat langit. Setelah perempuran dunia dibagi kepada saudara-saudaranya. Poseidon ditempatkan di laut, Hades di dunia bawah dan Zeus sendiri menguasai langit dan udara.

Gaia membenci cara Zeus memperlakukan para Titan karena mereka adalah anak-anaknya sendiri. Setelah Zeus naik takhta sebagai raja para dewa, beberapa anak Gaia seperti Typhon dan Echidna akan mebalaskan dendam di masa depan.

-         Konflik dengan Manusia

Ketika Zeus berada di puncak dari Gunung Olympus dia terkejut akan pengorbanan manusia dan tanda-tanda kemerosotan kepercayaan manusia lain. Zeus memutuskan untuk melenyapkan umat manusia dengan membajiri dunia. Atas bantuan Poseidon banjir pun tiba, hanya Ceucalion dan Pyrrha yang tersisa dari peristiwa itu.

Sepanjang sejarah Zeus digambarkan menggunakan kekerasan untuk mendapatkan keinginannya dan untuk meneror umat manusia. Sebagai dewa langit, Zeus memiliki kekuatan untuk melemparkan petis sebagai senjata.

-         Dalam Iliad

Dalam Iliad, puisi karya Homer tentang perang Trojan dikatakan bahwa Zeus memainkan peran utama. Adegan yang muncul dan melibatkan Zeus meliputi:

o   Buku 2

Zeus mengirim mimpi kepada Agamemnon untuk mengendalikan keputusan berdasarkan mimpinya.

o   Buku 4

Zeus menjanjikan kepada Hera untuk menghancurkan kota Troy di akhir perang.

o   Buku 7

Zeus dan Poseidon merusak benteng Akhaia.

o   Buku 8

Zeus melarang dewa lain untuk saling bertarung dan harus kembali ke Gunung Ida, di mana ia dapat memikirkan keputusannya bahwa orang-orang Yunani akan kalah perang.

o   Buku 14

Zeus digoda Hera dan merasa terganggu karena dia harus membantu pihak Yunani.

o   Buku 16

Zeus kesal karena tidak dapat menyelamatkan nyawa Sarpedon, jika dia membantunya maka akan bertentangan dengan keputusan sebelumnya.

o   Buku 17

Zeus emosional karena nasib Hector.

o   Buku 20

Zeus membiarkan para Dewa lain membantu pihak masing-masing selama perang.

o   Buku 24

Zeus menuntut Achilles agar melepaskan mayat Hector serta memakamkannya dengan hormat.
Pranala Sumber :

Comments