Tethys


https://en.wikipedia.org/wiki/Tethys_(mythology)
sumber : https://en.wikipedia.org

Tethys dalam mitologi Yunani adalah seorang titan. Dia adalah putri dari Uranus dan Gaia, adik sekaligus istri dari titan Oceanus. Tethys menjadi ibu dari dewa sungai dan para Oceanid. Peran Tethys dalam mitologi tidak aktif dan tidak ada sekte terpancang untuknya.

Hesiod mendaftar saudara-saudaranya titannya antara lain Oceanus, Coeus, Crius, Hyperion, Iapetus, Theia, Rhea, Themis, Mnemosyne, Phoebe dan Cronus. Hesiod menjelaskan bahwa tiga ribu dewa sungai termasuk Acheolus adalah anak dari Oceanus dan Tethys.

Achelous sebagai dewa sungai terbesar di Yunani memberikan putrinya untuk menikah dengan Alcmaeon. Alcmaeon dikalahkan oleh Heracles dalam kontes gulat untuk mendapatkan hak menikahi putri Deianira.

Anak lainnya adalah Alpheus yang jatuh cinta dengan Arethusa dan mengejarnya ke Syracuse. Di sana dia diubah menjadi mata air oleh Artemis. Juga Scamander yang bertarung di pihak Trojan selama Perang Trojan. Ketika Achilles mencemari airnya karena sejumlah mayat dari Trojan, dia meluapkan air-airnya dan hampir menenggelamkan Achilles.

Mitologi

Tethys tidak memaikan perang aktif dalam Yunani. Satu-satunya cerita awal tentang Tethys adalah ketika Hera mengatakan bahwa Zeus sedang dalam proses menggulingkan Cronus, dia diberikan oleh ibunya Rhea kepada Tethys dan Oceanus.

Hal tersebut dilakukan untuk mengamankan Zeus dan berharap bahwa Zeus akan dirawat penuh kasih sayang dan dihargai di tempat mereka. Hera menceritakan hal tersebut dengan mengaktifkan perannya dalam perjalanan untuk mengunjungi Oceanus dan Tethys.

Awalnya Tethys adalah permasuir Oceanus, kemudian hari Tethys diidentifikasi dengan laut dalam puisi Hellenistik dan Romawi. Nama Tethys kemudian digunakan untuk istilah puitisnya laut.

Satu-satunya cerita lain yang melibatkan Tethys adalah mitos astral mengenai kutub Ursa Major(Beruang Besar) yang dianggap mewakili karakteristik dari Callisto yang berubah menjadi beruang dan ditempatkan oleh Zeus di antara bintang-bintang.

Mitos tersebut menjelaskan mengapa rasi bintang tidak pernah terbenam di bawah cakrawala. Juga mengatakan bahwa Callisto adalah kekasih Zeus, ia dilarang oleh Tethys untuk menyentuh kedalaman samudera(Oceanus) karena khawatir akan Hera, anak angkatnya yang cemburu akan Zeus.

Pranala Sumber :

Comments