Rhea


https://en.wikipedia.org/wiki/Rhea_(mythology)
sumber : https://en.wikipedia.org


Rhea atau Rheia adalah salah satu karakter dalam mitologi Yunani. Dia merupakan putri dari dewi bumi Gaia dan dewa langit Uranus. Rhea menikah dengan adiknya Cronus. Dalam tradisi awal yang menyebutkan Rhea, diketahui bahwa ia dikenal sebagai “ibu para dewa” seperti Gaia dan Cybele.

Orang Yunani memandang Rhea sebagai ibu dari para dewa Olympus walau Rhea sendiri bukan dewa Olympus. Bangsa Romawi mengidentifikasi Rhea dengan Magna Mater(bentuk dari Cybele) dan Dewi Ops.

Mitologi

Gaia dan Uranus memberitahu kepada Cronus bahwa akan ada karma serupa untuknya karena telah menggulingkan ayahnya sendiri. Cronus ditakdirkan untuk dikalahkan oleh anaknya sendiri.

Karena hal tersebut Cronus menelan setiap anak yang dilahirkan oleh Rhea. Rhea, Uranus dan Gaia menyusun rencana untuk menyelamatkan putra bungsu Rhea, Zeus dari Cronus. Rhea melahirkan Zeus di sebuah gua di pulau Kreta dan memberikan bongkahan batu yang dibungkus lampin kepada Cronus agar dia mengira telah menelan anaknya.

Rhea lalu menyembunyikan Zeus disebuah gua di Gunung Ida. Pembantunya yaitu Kouretes dan Dactyls yang seperti seorang prajurit menjadi pengawal bagi bayi Zeus. Mereka juga membantu menyembunykannya dari ayahnya.

Dalam beberapa kisah, atas kehendak Rhea seekor anjing emas menjaga seekor kambing yang mempersembahkan ambingnya dan memberi makan kepada bayi Zeus. Zeus kemudian mengubah kambing tersebut menjadi abadi di antara bintang-bintang sementara anjing emas yang menjaga tempat suci di Kreta dicuri oleh Pandareus.

Kultus

Rhea awalnya disembah di pulau Kreta yang diidentifikasi sebagai tempat asuhan Zeus semenjak bayi. Dalam budayanya disebutkan nanyian dan tarian ritmis dan parau disertai dengan tympanon(drum genggam lebar) untuk memancing ekstasi keagamaan.

Penggunaan tympanon dalam ritus Rhea mungkin menjadi sumber untuk pengunaanya di Cybele karena kemiripan mereka. Rhea sering disebut sebagai Meter Theos(Bunda para Dewa) dan kuil di sekitar Yunani Kuno didedikasikan kepadanya dengan nama tersebut.

Liberatur Kuno

Homer menggambarkan Rhea adalah ibu para dewa, meskipun tidak bersifat universal seperti Cybele, Bunda Agung Frigia. Dalam Argonautica oleh Apollonius memadukan Rhea dan Phrygian Cybele.

Mopsus memberitahu Jason dalam Argonautica bahwa Jason harus memanjat ke tempat tinggi di Gunung Dindymon untuk mempersembahkan korban dan persembahan khusus untuk memenangkan hati sang dewi supaya perjalanan mereka dapat berlanjut.

Pranala Sumber :

Comments