Phorcys


https://en.wikipedia.org/wiki/Phorcys
sumber : https://en.wikipedia.org

Phorcys atau Phorcus adalah bentuk primordial dari dewa laut dalam mitologi Yunani. Umumnya nama Phorcys dikutip dalam Hesiod sebagai putra Pontus dan Gaia. Menurut himne Orphic, Phorcys adalah anak tertua dari Oceanus dan Tethys selain Cronus dan Rhea.

Sarjana klasik, Karl Kerenyi menyatukan Phorcys dengan dewa laut yang serupa seperti Nereus dan Proteus. Istri dari Phorcys adalah Ceto dan ia paling dikenal dalam mitos karena menghasilkan sejumlah anak-anak yang mengerikan.

Mosaik Hellenistic-Roman yang masih ada mencatat bahwa Phorcys tergambar sebagai ikan duyung. Dia memiliki ekor ikan dan kaki depan berupa cakar kepiting. Kulitnya merah dan runcing.

Dalam Teogoni(Theogony atau silsilah para dewa) Hesiod, menyatakan anak-anak dari Phorcys dan Ceto sebagai Graeae(merujuk pada Pemphredo dan Enyo) dan para Gorgon(Stheno, Euryale dan Medusa).

Anak lain juga berupa monster adalah Echidna dan Ceto sendiri(ular yang mengerikan yang menjaga apel emas di segala tempat-tempat rahasia di seluruh bagian bumi yang gelap), serta Drakon Hesperios(Naga Hesperian atau naga dari Hesperides) atau Ladon.

Anak-anak tersebut cenderung konsisten ditemukan dalam berbagai sumber. Meski untuk Ladon sering disebut sebagai anak dari Echidna oleh Typhon. Karenanya mungkin Ladon adalah cucu dari Phorcys dan Ceto.

Menurut Apollodorus, Scylla adalah anak perempuan dari Crataeis dengan ayahnya adalah Trienus(mungkin Triton?) atau Phorcus(variasi dari Phorkys). Apollonius dari Rhodes mengklaim Scylla sebagai putri dari Phorcys yang disatukan dengan Crataeis-Hecate.

The Scholiast on Apollonius of Rhodes mengutip nama Phorcys dan Ceto sebagai orang tua dari Hesperides, tetapi pernyataan tersebut tidak ditemukan dalam sumber kuno lainnya. Homer menyebut Thoosa, ibu dari Polyphemus sebagai putri Phorcys dan nama ibunya tidak disebutkan.

Pranala Sumber :

Comments