Oceanus


https://en.wikipedia.org/wiki/Oceanus
sumber : https://en.wikipedia.org

Oceanus atau Ogenus atau juga Ogen adalah sosok dewa dari jaman klasik. Orang Yunani Kuno dan Romawi mempercayai bahwa dia adalah personifikasi dari dewa samudera. Orang Yunani percaya juga bahwa samudera adalah sungai besar yang mengelilingi dunia.
 
Menurut Homer, Oceanus adalah aliran laut yang berada dalam margin dunia, ayah dari segala sesuatu, membatasi dunia bawah dan mengalor di sekitar Elysium. Karena itu Odiseus harus melewatinya untuk tiba di dunia bawah.

Helios muncul dari Oceanus yang mengalir deras di timur dan pada akhirnya tenggelam kembali ke Oceanus di barat. juga untuk bintang-bintang lain bermandian di aliran Oceanus.

Dalam mitologi Yunani disebutkan bahwa aliran samudera ini dipesonifikasikan sebagai Titan, putra tertua Uranus dan Gaia. Oceanus memiliki permaisuri yang juga saudara perempuannya, yaitu Tethys. 

Karena hubungan mereka munculnya nimfa(makhluk gaib) lautan yang juga disebut sebagai tiga ribu orang Oceanid. Selain itu Oceanus juga memunculkan sungai, air mancur dan danau di berbagai bagian dunia.

Dalam variasi perang antara Titan dengan Olypians, perang Titanomachy, Oceanus bersama dengan Prometheus dan Themis tidak ikut berperang dan menghindari konflik. Sebagian besar dari mitos ini dikatakan bahwa Oceanus menolak untuk memihak Cronus dalam usaha mengebiri ayah mereka, Uranus.

Selain itu, Oceanus juga muncul sebagai perwakilan dari dunia kuno yang terus-menerus diancam dan dikalahkan Heracles. Suda mengidentifikasi bahwa Oceanus dan Tethys adalah orang tua dari dua Kerkopess yang dikalahkan Heracles.

Heracles memaksa Helios untuk meminjamkan mangkuk emasnya agar dapat menyeberangi hamparan Oceanus yang luas ketika sedang dalam perjalanan ke Hesperides. Oceanus melemparkan mangkuk itu dan Heracles mengancam akan mengentikan ombak miliknya. Perjalanan Heracles di mangkuk matahari yang sedang melawan Oceanus menjadi salah satu tema lukisan tembikar yang populer.

Mosaik Hellenistic dan Roman menggambarkan titan Oceanus memiliki tubuh bagian atas pria berotot dengan jenggot dan tanduk panjang dengan tubuh bagian bawah seperti ular. Dalam pernikahan antara Peleus dan Thetis, Oceanus digambarkan dengan seekor ikan di salah satu tangan dan seekor ular di tangan lainnya.

Pranala Sumber :

Comments