Sir Kahedin



Sir Kahedin adalah saudara dari Iseult dari Britanny. Dia dalam legenda Arthurian dijelaskan sebagai putra dari Raja Hoel Brittany. Namanya dapat dieja secara bervariasi seperto Kahadin, Kahedrin, Kehenis atau Kehidius. Karakter Kahedin mungkin dapat dibangdingkan dengan karakter Welsh bernama Kae Hir.

Kisah Sir Kahedin yang terkenal adalah perselingkuhannya dengan Brangaine. Bragaine adalah pelayan dari Iseult dari Irlandia. Secara signifikan hal itu disebutkan dalam kisah Tristan dan Iseult.

Pertemuan Kahedin dengan Bragaine pertama kali terjadi di Hall of Image. Dia berada di sana karena ingin menyampaikan pesan Tristan kepada Iseult dari Irlandia. Dia ingin memberitahukan kepada Iseult bahwa kekasihnya Sir Tristan akan datang padanya.

Setelahnya Tristan dan Iseult menghabiskan malam di kabin kayu. Sementara Kahedin sendiri menghabiskan bersiap untuk mengabiskan malam bersama Bragaine. Bragaine diberikan kepadanya sebagai uang muka atas jasanya.

Ketika mereka akan pergi ke ranjang bersama, entah kenapa Kahedin tiba-tiba tertidur lelap dan bangun di esok harinya. Lalu dia menyadari bahwa hal tersebut disebabkan oleh beberapa mantra sihir Bragaine.

Karena ingin menjaga keramahannya dia mengabaikan kejadian tersebut. Lalu malam kedua dia dan Bragaine akan tidur bersama lagi. Namun Bragaine melakukan hal yang sama dengan membuat Kahedin tertidur lelap dan bangun esok paginya.

Di hari ketiga Iseult berhasil meyakinkan Bragaine untuk menghentikan aksinya dan menurut Kahedin. Dia tidak ingin menerima penghinaan lebih dari itu. Dalam beberapa versi si wanita diperankan oleh Camille, pelayan Ratu yang lain yang dipilih oleh Kahedin atas Bragaine.

Camille juga menolak ditiduri oleh Kahedin. Dia ingin mempertahankan kehormatannya. Iseult pun membantunya dengan meberikan Kahedin bantal ajaib. Hal itu membuat Kahedin tertidur lelap dan bangun keesokan harinya.

Camille dan nyonya rumah tangga mengejek Kahedin. Dengan rasa malu Kahedin pergi meninggalkan mereka dengan Tristan. Dalam perjalanannya pulang dia tidak bercerita apapun tentang insiden yang dialaminya malam sebelumnya.

Dalam Prosa Tristan, Kahedin menjadi saudara dan teman dekat Tristan. Mereka tetap menjadi teman dekat setelah meninggalkan Isseult dari Brittany dan menuju ke Iseult dari Irlandia. 

Pranala Sumber :

Comments