Hera


https://en.wikipedia.org/wiki/Hera
sumber : https://en.wikipedia.org

Hera adalah dewi perempuan, pernikahan, keluarga dan melahirkan dalam kepercayaan Yunani kuno. Dia juga termasuk dari dua belas Olympian dan adik sekaligus istri resmi Zeus. Dia merupakan putri dari Titan Cronus dan Rhea.

Hera memerintah atas Gunung Olympuss sebagai ratu para dewa. Hera sebagai figure matronly digambarkan sebagai pelindung wanita, wanita yang sudah menikah, memimpin pernikahan dan memberkati perkawinan.

Salah satu ciri yang paling khas dari Hera adalah kecemburuannya. Dia sebagai istri sangat cemburu dengan berbagai kekasih Zeus serta keturunan tidak sahnya. Dia juga membenci manusia yang melintasinya.

Zeus yang dikenal sebagai orang yang pemberani takut kepada Hera. Zeus jatuh cinta kepada Hera, tetapi lamaran pernikahan pertamanya ditolak. Zeus kemudian membuat badai petir dan berubah menjadi burung cuculus kecil. Dia berpura-pura tertekan di luar jendela agar Hera merasa kasihan dan membawanya masuk, memegangnya ke dada untuk menghangatkannya.

Ketika Hera mengambil Zeus, Zeus berubah kembali ke bentuk aslinya dan memperkosa Hera. Hera yang malu karena telah dieksploitasi akhirnya setuju untuk menikah dengan Zeus. Cinta Hera kepada Zeus mekar setelah melewati hari-hari sebagai suami istri.

Zeus terus mencintai Hera, tetapi hatinya selalu dibagi-bagi dengan Yunani. Zeus sering menyelinap ke Bumi dan menyamar serta melahirkan anak-anak dengan para manusia. Dia menginginkan anak-anaknya menjadi pahlawan dan penguasa besar Yunani. 

Di sisi lain, Hera yang merasa cemburu terus-terusan  menyiksa kekasih dan keturunan Zeus. Zeus tidak berdaya untuk menghentikan perbuatan istrinya. Hera selalu menyadari tipu daya Zeus dan terus mengawasinya dalam perjalanan ke bumi.

Heracles

Hera menjadi musuh ibu tiri sekaligus musuh Heracles. Ketika ibu Heracles, Alcmene mengandung Heracles, Hera berusaha menghentikan kelahiran bayi Heracles. Dia mengirimkan Eileithyia untuk hal itu.

Eileithya mengikat kaki Alcmene di knot. Usahanya digagalkan oleh Galanthis dengan menakuti Eileithyia sebelum mengikat kaki Alcmene dan akhirnya Heracles pun lahir. Hera menghukum Galanthis dengan menjadikannya menjadi seekor musang.

Ketika membuat Zeus bersumpah untuk turun dari Olympus ke Argos. Zeus harus membuat istri Sthenelus(putra Perseus) melahirkan Eurystheus hanya dalam tujuh bulan. Ketika Zeus turun, Hera berusaha mencegah Alcmene mengirim Heracles kepada Zeus, tetapi gagal.

Kemarahan Hera kepada Heracles, putra Zeus belumlah mereda. Ketika Heracles masih bayi, Hera mengirim dua ular untuk membunuhnya di ranjang. Namun Heracles mencekik ular tersebut dengan tangan kosong dan ditemukan oleh perawatnya. Heracles terlihat memegang ular yang sudah lemas layaknya bayi memegang mainannya.

Dalam salah satu kisah legenda galaksi Bimasakti dikatakan bahwa Zeus menipu Hera untuk menyusui bayi Heracles. Hera yang menyadarinya menarik payudaranya dan semburan susu yang tumpah membentuk noda di langit yang dapat dilihat sampai hari ini.

Etruria menggambarkannya tidak sesuai orang Yunani lain, di mana Heracles berjanggut dewasa di dada Hera. Kemungkinan hal tersebut merujuk kepada Heralces yang diadopsi oleh Hera ketika Heracles menjadi abadi dan Hera sebelumnya terluka parah di payudaranya.

Ketika Heracles telah dewasa, Hera membuatnya gola dan membuat Heracles membunuh keluarganya. Hercales lalu mendapatkan tugas penebusan dosanya, kemudian Hera menugaskan Heracles untuk bekerja di Raja Eurystheus di Mycenae.

Setiap pekerjaan untuk Heracles, setidaknya hampir dua bles yang dipersulit. Ketika melawan Lernaean Hydra, dikirim seekor kepiting untuk menggigit kaki Heracles dan mengganggu pertempuran.

Hera kemudian menggerakkan orang-orang Amazon untuk melawan Heracles dalam sebuah misi. Ketika Heracles mengambil ternak Geryon, dia menembak Hera di dada kanan dengan panah tiga kali lipat, lukanya tidak dapat disembuhkan dan membuat Hera kesakitan terus-menerus.

Hera mengirim seekor gadfly(sejenis lalat yang menyakiti ternak) untuk menggigit ternak dan membuat mereka kesal dan menyebarkannya. Kemudian Hera mengirim banjir dan membuat permukaan sungai semakin tinggi hingga Heracles tidak dapat menyeberang menyusul ternak tersebut. Heracles menaruh batu ke sungai agar pijakannya lebih dangkal dan berhasil membawa ternak ke istana Eurystheus untuk dikorbankan kepada Hera.

Eurystheus mengorbankan Banteng Kreta kepada Hera. Hera menolak pengorbanan itu karena akan mencerminkan kemuliaan pada Heracles. Banteng tersebut dilepaskan dan mengembara ke Marathon, di sana dia dikenal sebagai Banteng Marathonia.

Pranala Sumber :

Comments