Hades


https://en.wikipedia.org/wiki/Hades
sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Hades

Hades adalam dewa bagi orang-orang mati dan raja dunia bawah dalam kepercayaan dan mitos Yunani Kuno. Hades adalah putra tertua dari Cronus dan Rhea, tetapi dia putra yang terakhir dimuntahkan oleh Cronus ketika diselamatkan oleh Zeus.

Bersama dengan Zeus dan Poseidon, Hades mengalahkan ayah mereka dan bangsa Titan lalu mengklaim kekuasaan atas kosmos. Hades diserahi kekuasaan dunia bawah, Zeus langit dan Poseidon laut. Hades sering digambarkan dengan anjing penjaga berkepala tiganya, Cerberus.

Mitologi

Setelah pembebasan Hades bersama saudara-saudara lainnya dari perut Cronus, Zeus bekerja sama dengan saudara-saudaranya tersebut untuk menantang para Titan. Perang Titanomachy pun berlasung selama sepuluh tahun. Mereka berenam bersama dengan para sekutunya berhasil menggulingkan kekuasaan ayah mereka dan menghabisi para titan.

Berkat prestasinya selama perang Hades mendapatkan kekuasaan atas dunia bawah. Dia memerintah alam yang kasat mata tempat jiwa-jiwa orang mati meninggalkan dunia. Sejumlah mitos menyebutkan bahwa Hades tidak puas atas kekuasaannya dan ingin lebih, tetapi dia tidak punya pilihan untuk menerimanya.

Hades mendapat istri dan ratu bernama Persephone melalui sebuah penculikan atas perintah Zeus. Mitos ini menghubungkan misteri Eleusinian dengan panteon Olympian, khusunya dalam Nyanyian Homer ke Demeter, kisah tertua penculikan tersebut. Helios memberi tahu Demeter bahwa Hades tidak layak mendampingin Persephone.

Hades memerintah atas orang mati dan dibantu oleh siapa yang memiliki wewenang di sana. Kediaman Hades digambarkan selalu penuh dengan tamu meseki dia jarang meninggalkan Dunia Bawah. Hades tidak peduli apa yang terjadi di dunia atas, dia selalu perhatian untuk memastikan rakyatnya tidak ada yang pernah pergi.

Hades melarang keras rakyatnya pergi dari wilayahnya. Dia akan sangat marah bila ada yang peri atau seseorang mencoba mencuri jiwa-jiwa dari wilayahnya. Dia juga sangat marah bagi siapa yang berpura-pura mati atau sebaliknya, seperti Sisyphus dan Pirithous.

Hades acuh tak acuh terhadap rakyatnya sendiri dan lebih fokus pada hukuman kedua orang tersbut. Dia mengutamakan Prithous yang memasuki dunia bawah untuk mencuri Persephone untuk dirinya sendiri. Akhirnya ia dihukum pada “Kursi Kelalaian”.

Mitos lain menyebutkan dewa Asclepius yang awalnya adalah seorang dewa, anak dari Apollo dan Coronis, seorang putri Thessalia. Selama hidupnya daia menjadi dokter terkenal dan berbakat yang akhirnya mampu menghidupkan orang mati.

Merasa dibodohi, Hades membujuk Zeus untuk membunuh Asclepius dengan petir. Setelah kematiannya, Asclepius dibawa ke Olympus di mana dia menjadi dewa di sana. Hanya sedikit mitos tentang Hades keluar dari dunia bawah termasuk mitos ini.

Mitos lain tentang Hades keluar dari dunia bawah adalah ketika dia terluka parah oleh panah Heracles. Hades pergi ke Olympus untuk disembuhkan. Selain Heracles, beberapa pahlawan sebagai maklhuk hidup di antara orang mati di dunia bawah adalah Odysseus, Aeneas, Orpheus, Thereus dengan Pirithous dan Psyche. Tidak satu pun di antara mereka senang dengan pemandangan dunia bawah.

Persephone

Persephone adalah selir Hades sekaligus putir Zeus dan Demeter. Persephone tidak tunduk kepada Hades dengan sukarela, tetapi karena dia diculik oleh Hades ketika memetik Bunga di ladang Nysa.

Sebagai bentuk protes atas anaknya, Demeter mengutuk tanah dan membuat kelaparan manusia di mana-mana. Satu per satu para dewa meminta Demeter menghentikannaya dan jangan sampai membuat dewa kehilangan hadiah-hadiah atas manusia. Tetapi Demeter keras kepada dan tidak akan menghentikan aksinya sebelum melihat putrinya.

Zeus kemudian mengirim putranya, Hermes untuk pergi ke dunia bawah dengan harapan dapat meyakinkan Hades dan mengizinkan Persephone kembali ke bumi. Hermes sampai di hadapan Hades dan menjelaskan maksud kedatangannya.

Pranala Sumber :



Comments