Gorlois


https://en.m.wikipedia.org/wiki/Gorlois
sumber : https://en.wikipedia.org


Gorlois dari kastil Tintagel adalah penguasa dari tanah Cornwall. Dalam bahasa Welsh dia disebut Gwrlais. Dia awalnya adalah suami dari Igraine sebelum Uther Pendragon membunuh dan merebutnya. Dia juga ayah dari Morgan le Fay, Morgause dan Elaine.

Gorlois pertama kali menampakkan namanya dalam buku Geoffrey dari Monmouth yaitu Historia Regum Britanniae (Sejarah Raja Inggris). Di sana disebutkan bahwa Uther jatuh cinta pada Istrinya, Igraine. Dia berusaha merebutnya dari Gorlois dengan jalan peperangan.

Awalnya Uther naik ke tahka setelah kematian saudaranya. Dalam pesta penyambutannya dia mengundang para bangsawan dan di sanalah dia bertemu Igraine, istri Gorlois. Uther jatuh cinta padanya pada pandangan pertama. Igraine merasakan perhatian yang kuat dari Uther lalu meyakinkan suaminya untuk kembali ke Cornwall.

Gorlois merasa tidak senang atas kelakuan Uther dan memutuskan kembali bersama istrinya. Setelah kepergiannya, Uther marah dan berdalih bahwa tidak etis meninggalkan pesta yang dibuatnya. Lalu dia membawa pasukan untuk mengepung kastil Tintagel tempat Gorlois dan Igraine berada.

Uther meminta bantuan dari Merlin agar rencananya menghabiskan malam dengan Igraine berhasil. Merlin meramu beberapa obat yang dapat menyamarkan sosok Uther. Akhirnya Uther terlihat seperti Gorlois. Dia mendekati cintanya itu, Igraine dengan mudah dan berhasil menidurinya.

Dari hubungan tersebut Igraine mengandung Arthur. Malam itu juga Gorlois telah dibunuh dan dengan meyakinkan Igraine akhirnya Uther dan Igraine menikah. 

Dalam karya-karya selanjutnya ceritanya dikembangkan. Seperti pada Siklus Vulgata atau Lancelot-Grail dan dalam Le Morte d’Arthur karya Thomas Malory dikatakan tentang nasib dari garis keturunan Gorlois.

Putri Gorlois semuanya menikah dengan para pengikut Uther Pendragon. Pertama adalah Elaine yang menikah dengan Nentres dari Garlot. Lalu Morgause menikah dengan Raja Lot dari Orkney. Lalu Morgan le Fay menerima pendidikan di sebuah biara dan akhirnya bersama dengan Raja Urien.

Lalu untuk nasib Arthur sebagai putra Igraine dengan Uther dibesarkan oleh Sir Ector dengan saran dari Merlin. Merlin membawa Arthur kecil jauh dari kerajaan dan menyerahkan hak asuhnya pada Sir Ector.

Pranala Sumber :

Comments