Gaia


https://en.wikipedia.org/wiki/Gaia
sumber : https://en.wikipedia.org

Gaia(dieja Gaea) adalah salah satu bentuk primodial dari dewa dalam mitologi Yunani. Gaia merupakan pesonifikasi dari bumi. Dia disebut-sebut sebagai ibu dari semua kehidupan. Gaia menciptakan Uranus(langit) menghasilkan keturunan dewa-dewa purba(sebelum dewa Olympus) seperti titan dan raksasa juga Pontus(laut) serta dewa-dewa purba lain. Dalam Romawi Gaia sama dengan Terra.

Hesiod menceritakan bagaimana peristiwa setelah Chaos(dalam kosmoslogi) Gaia membuka dadanya lebar-lebar menaruh kursi abadi dari Olympians di atasnya. Setelahnya Gaia datang dan Tartarus redup di dalam jalur bumi yang lebar dan selanjutnya tiba Eros si dewa cinta.

Hesiod selanjutnya mengatakan bahwa Gaia memunculkan Uranus yang setara untuk menutupinya di setiap sisi. Gaia melahirkan Ourea(Gunung), Pontus(Laut) tanpa ayah untuk mereka.

Hesiod melanjutkan bahwa Gaia dengan Uranus, putranya sendiri melahirkan para Titan. Pertama yang mereka hasilkan adalah Cyclop(raksasa bermata satu): Brontes(Guntur), Sterope(Petir) serta Arges(Cerah). Kemudian Hecatonchire: Cottus, Briareos dan Gyges masing-masing memiliki seratus tangan dan lima puluh kepala.

Ketika Cyclop dan Hecatonchire lahir, Uranus menyembunyikannya di tempat rahasia Gaia dan menyebabkan rasa sakit luar biasa. Gaia menciptakan sabit abu-abu(adamantine) lalu Cronus menggunakannya untuk mengebiri ayahnya, Uranus ketika dia mendekati ibunya, Gaia untuk berhubungan seks dengannya.

Dari tumpahan darah yang dikeluarkan Uranus, Gaia menghasilkan Erinyes, para raksasa dan Meliae(nimfa abu-pohon). Dari testis Uranus yang tebuang ke laut munculah Aphrodite. Gaia juga berhubungan dengan anaknya, Pontus da menghasilkan dewa-dewa laut seperti Nereus, Thaumas, Phorcys, Ceto dan Eurybia.

Cronus belajar dari hubungannya dengan orang tuanya Uranus, bahwa ayah dapat digulingkan oleh salah satu anaknya. Karena pemikiran tersebut Cronus menelan masing-masing anak yang dilahirkan oleh kakak perempuannya, Rhea. Ketika Rhea sedang mengandung anak bungsunya, Zeus, dia meminta bantuan dari Gaia dan Uranus agar Zeus bisa selamat.

Ketika Zeus lahir, Rhea memberikan Cronus sebuah batu yang dibungkus dengan lampin agar dikira bahwa itu adalah Zeus. Batu tersebut akhirnya ditelan oleh Cronus dan Gaia bertanggung jawab membesarkan Zeus dalam perlindungannya.

Ketika Zeus telah tumbuh dewasa dia mengalahkan para Titan berkat saran Gaia. Setelah itu Gaia masuk dalam persatuan Tartarus dan melahirkan anak bungsu dari Typhon yang akan menjadi penantang terakhir Zeus.

Hyginus berpendapat bahwa Gaia bersama dengan Uranus dan Pontus adalah anak-anak dari Aether dan Hemera. Apollodorus berpendapat bahwa Gaia dan Tartarus adalah orang tua Echidna. 

Zeus menyembunyikan salah satu kekasihnya bernama Elara dari Hera. Elara disimpan di bawah bumi. Putra Zeus dengan Elara dalaha raksasa Tityos yang kadang-kadang disebut sebagai putra Gaia. Gaia juga membuat Aristaeus menjadi abadi. 

Pranala SUmber :

Comments