Dindrane(Holy Grail Heroine)


https://en.wikipedia.org/wiki/Percival%27s_sister
sumber : https://en.wikipedia.org

Dindrane adalah adik perempuan dari Sir Perceval. Dia merupakan karakter yang memiliki kisah yang serupa dengan “Grail heroine” dalam kisah Holy Grail dalam legenda Arthurian.

Dindrane

Disebut juga Dandrane, Dandbrann, Dandrenor, Dindraine dan nama-nama lain. Dia adalah karakter yang muncul dalam romansa Perancis Kuno seperti Perlesvaus atau Kitab Cawan Suci. Buku tersebut adalah prosa anonem dan sekuel dari cerita Chretien de Troyes yang belum selesai.

Dia merupakan adik dari salah satu Ksatria Meja Bundar Raja Arthur, yaitu Perceval. Perceval menyelamatkannya dari ‘penculik pengantin’ . Dandrane tinggal di Kastil Grail bersama ibunya, Yglais(saudara perempuan Raja Pelles) dan saudara lelakinya, Perceval.

Grail Heroine

Dalam cerita popular, Dandrane dalam Perlesvaus bukanlah adik dari Perceval yang meninggal saat mencapai Cawan Suci bersama Galahad dan Bors. Karakter mirip Dandrane muncul tanpa nama dalam Vulgata Quest for the Holy Grail.

Dia sering disebutkan tanpa nama. Saudara Perceval adalah sosok terkemuka dalam kisah roman Grail. Kadang-kadang dia dijuluki dengan julukan “Grail heroine”. Gadis itu pertama kali muncul ketika ditemui saudara laki-lakinya kembali ke istana ibu mereka.

Lalu dia mengatakan sang ibu telah meninggal. Perceval meninggalkannya dalam perawatan paman pertama mereka. Dalam teks lain dia diserahkan ke Castle of Maidens. Dia kemudian bertemu Perceval, Galahad dan Bors.

Gadis tersebut memberikan identitasnya kepada mereka tanpa menyebut namanya. Dia mulai memberi tahu mereka tentang kisah Perang Sabuk Aneh, Kapal Salomo yang ajaib, Pohon Kehidupan, dan aspek lain dari takdirnya.

Perceval, Galahad dan Bors naik ke kapal Salomo. Mereka berniat menyukseskan misi mencari Cawan Suci. Setelah meninggalkan kapal mereka sampai di kastil bersama dengan perempuan berpenyakit kusta

Mereka diberi tahu tentang darang seorang putri yang dapat menyembuhkan kusta chatelaine. Saudara Perceval memilih untuk menyumbangkan darahnya, tetapi akhirnya dia meninggal karena kehabisan darah.

Gadis itu berkeinginan untuk pergi ke kota suci Sarras sebelum kematiannya. Perceval dan lainnya menaruhnya dalam kapal tanpa awak yang terombang- abing dan melayang ke kota Sarras.

Dalam beberapa versi Lancelot menemukan mayat gadis tersebut dan menguburkannya di Palais Esperitel. Di tempat lain, ia dikubur oleh Galahad dan Bors ketika mereka mendarat di pelabuhan Sarras.

Pranala Sumber :

Comments