Demeter


https://en.wikipedia.org/wiki/Demeter
sumber : https://en.wikipedia.org

Demeter adalah dewi panen dan pertanian, dalam kepercayaan dan mitologi Yunani kuno, dia adalah dewi yang menumbuhkan biji-bijian dan kesuburan bumi. Meski dia adalah dewi panan, dia juga memiliki hukum mengatur siklus hidup dan matinya tanah.

Demeter dan putrinya, Persephone menjadi karakter sentral dalam misteri Eleusinian, sebuah tradisi kepercayaan yang mendahului panteon Olympian. Demeter sering dianggap sebagai sosok yang serupa dengan dewi Anatoloa Cybele. Di kepercayaan Romawi dia diidentifikasi sebagai dewi Ceres.

Mitologi

Demeter merupakan putri dari Cronus dan Rhea. Dia memiliki hubungan yang sangat akrab dengan putrinya, Persephone yang menjadi ratu dunia bawah. Homer dan Hesiod menggambarkan Persephone sebagai anak dari Zeus dan Demeter. Persephone sendiri tidak memiliki konsepsi kelahiran yang jelas.

Dalam theogony Orphic yang hilang, disebutkan bagian dari mitos di mana Zeus mengawini ibunya, Rhea dalam bentuk ular. Ular tersebut menjadi simbol pada tongkat Hermes. Anak perempuan yang lahir dikatakan sebagai Persephone. Theology Orphic mengatakan bahwa ibunya Zeus yang sebelumnya Rhea menjadi Demeter.

Sebelumnya Persephone dikenal sebagai Kore(artinya ‘perawan’) dan beberapa menyebutkan bahwa Persephone dan Kore adalah dewi yang berbeda. Namun dalam Hesiod mereka mungkin disatukan.

Homer dan Hesiod juga mengambarkan pahlawan pertanian Iasion sebagai pasangan Demeter. Hesiod menyimpulkan bahwa mereka berhubungan intim di lahan pertanian bermodel rigde and furrow(bentuk bukit dan lembah). Demeter kemudian melahirkan dua putra, Philomelus dan Ploutos.

Diodorus Siculus menulis dalam Bibliotheca Historica bahwa Demeter dan Zeus adalah orang tua dari Dionysus. Diodorus menceritakan bahwa terjadi dua kelahiran Dionysus. Pertama ketika Demeter pertama kali kebumi untuk menetaskan tunasnya. Kedua dari pohon anggur yang menetaskan tunasnya.

Diodorus menceritakan versi mitos menceritakan Dionysus dihancurkan oleh para Titan yang merebusnya. Demeter mengubur jasadnya untuk dilahirkan ketiga kalinya. Namun hal tersebut hanya menjadi kepercayaan minoritas.

Di Arcadia, dewa Arcadian yang dikenal sebagai Despoina dikatakan putri Demeter dengan Poseidon. Pausanuas menyatakan bahwa selama Demeter mencari Persephone, Poseidon mengejarnya.

Demeter lalu berubah menjadi kuda agar tidak diburu adik laki-lakinya. Lalu Poseidon berubah menjadi kuda jantan dan mengawini Demeter sehingga lahir dewa kuda Arion. Pausinias menyatakan bahwa keturunan mereka bukanlah seekor kuda melainkan Despoina.

Persephone diculik oleh Hades dan dibawa ke dunia bawah. Demeter mencarinya tanpa henti dan kesedihannya membuat musim terhenti, makhluk hidup berhenti tumbuh dan mulai mati. Kehidupan di bumi mulai menghadapi kepunahan.

Zeus menyuruh Hermes untuk membawa Persephone kembali dari dunia bawah. Hades sejutu membebaskannya bila Persephone tidak memakan apa pun dari dunia bawah. Tetapi Persephone sudah memakan biji delima dari dunia bawah.

Setelah beberapa kesepakatan, Persephone dapat kembali ke bumi. Tetapi dia harus kembali dan menetap selama tiga bulan di dunia bawah setiap tahun. Kesedihan Persephone membuat musim yang buruk.

Setiap dia kembali di dunia bawah di musim panas, bumi akan dilanda kekeringan yang mengancam kehidupan. Begitu pula untuk musim lain seperti musim gugur atau musim dingin ketika dia berada di dunia bawah.

Dikatakan bahwa Hecate membantu Demeter mencari putrinya yang kemudian menjadi pelayan Persephone di dunia bawah. Lalu dikatakan juga bahwa Hades dengan sengaja memberi biji delima kepada Persephone agar dia terikat dengan dunia bawah. Lalu Persephone berpura-pura memakannya agar Hades tertipu.

Menurut Robert Graves pribadi, Persephone adalah salah satu dari dewi rangkap tiga. Pertama adalah Kora(termuda, gadis, menandakan kaum muda dan biji-bijian). Kedua Persephone(di tengah, nimfa, menandakan gandum matang dan menunggu dipanen). Terakhir adalah Hecate(tertua, crone, biji-bijian yang dipanen). Mereka mengurangi nama serta peran Demeter. Sebelum penculikannya Persephone disebut Kora dan setelah diculik menjadi Persephone.

Pranala Sumber :



Comments