Culhwch


https://en.wikipedia.org/wiki/Culhwch
sumber : https://en.wikipedia.org

Culhwch adalah putra dari Cilydd dalam mitologi Welsh. Kakek dan neneknya adalah Celyddon dan Goleuddydd. Dia merupakan sepupu dari Arthur Pendragon dan tokoh utama dalam ceritanya yang berjudul Culhwch dan Olwen.

Dalam kisahnya Culhwch dilahirkan ketika ibunya marah. Goleuddydd, ibu Culhwch ketika melahirkan ketakutan karena kawanan babi yang berlari ke arahnya. Culhwch terbawa dengan kawanan babi tersebut. Lalu pemilik babi mengembalikkan Culhwch kembali ke ayahnya Cilydd.

Kisah Culhwch dan Olwen

Cilydd kehilangan istrinya dari persalinan anak mereka yang sulit. Lalu dia menikah lagi walau tidak disetujui oleh Culhwch muda. Setelah pernikahan tersebut Culhwch tidak mau dipasangkan dengan saudara tiri barunya.

 Ibu tiri Culhwch menjadi marah padanya. Dia mengutuk Culhwch supaya hanya jatuh cinta dengan Olwen, putri raksasa Ysbaddaden. Karena kutukan tersebut Culhwch menjadi tergila-gila akan Olwen, walau dia belum pernah melihatnya sekali pun.

Ketika mencoba mencarinya, ayahnya menyarakan Culhwch meminta bantuan sepupunya Arthur atau kalau tidak dia akan tersesat. Culhwch bergegas mencari kerabatnya dan menemukannya di istana Celliwig di Cornwall.

Culhcwh menjelaskan maksudnya untuk meminta bantuan kepada Arthur. Arthur menyanggupi dengan memberikan enam prajurit dalam pencarian Olwen. Culhcwh dan enam prajurit tersebut berpetualang bersama dan akhirnya sampai di “kastil terindah di dunia”.

Di sana dia bertemu dengan saudara gembala Ysbaddaden yaitu Custennin. Mereka tahu istana yang mereka temukan adalah milik Ysbaddaden. Ysbaddaden menelanjangi Custennin dan membunuh dua puluh tiga gembala lain karena kekejamannya.

Custennin setuju untuk mempertemukan Olwen kepada Culhcwh. Dia mengatur pertemuan Culhcwh dan Olwen. Setelah bertemu, Olwen memimpin rombongan Culhcwh untuk berkeliling kastil Ysbaddaden. Dalam perjalanan itu Cai(Kay) bersumpah melindungi anak gembala yang ke-24 bernama Goreu.

Rombongan Culhwch menyerang kastil secara bersembunyi-sembunyi. Mereka membunuh sembilan portir dan sembilan anjing penjaga. Setelah itu sampai di aula para raksasa. Saat Culhcwh berhasil masuk panah beracun menuju ke arahnya.

Panah tersebut adalah ulah Ysbaddaden untuk membunuh Culhcwh, tetapi usahanya gagal. Bedwyr(Bedivere) melukai Ysbaddaden lalu diikuti rapalan sihir Menw dan akhirnya Culhwch sendiri yang menyerang.

Ysbaddaden menyerah dan setuju untuk memberikan putrinya kepada Culhwch. Namun Culhwch diberi syarat terlebih dahulu untuk mendapatkan Olwen. Dia diberikan sejumlah tugas mustahil(anoethau).

Culhwch menerima tugas yang diberikan kepadanya. Dia menyelesaikan sejumlah tugas berkat bantuan sepupunya Arthur dan para ksatrianya. Tugas yang ia kerjakan salah satunya adalah berburu Twrch Trwyth dan memulihkan tanaman Mabon ap Modron.

Dengan selesainya anouethau-nya, Culhcwh, Goreu dan ksatria lain kembali ke Ysbaddaen untuk membawanya ke pengadilan. Jeggot, kulit dan daging raksasa Ysbaddaen dicukur habis oleh Caw dari Pictland.

Ysbaddaen menerima penghinaan tersebut atas kekalahannya oleh Goreu. Goreu membalaskan kematian 23 saudaranya dengan membunuh raksasa tersebut. Dia memenggal kepala Ysbaddaden dan menempatkannya pada lonjakan benteng. Goreu mengklaim tanah milik pamannya tersebut dan Olwen bebas menikahi yang yang dicintainya.

Pranala Sumber :

Comments