Cronus(Cronos)


https://en.wikipedia.org/wiki/Cronus
sumber : https://en.wikipedia.org

Dalam Mitologi Yunani Cronus(Cronos/Kronos) adalah pemimpin dan titan termuda dari generasi pertama. Dia adalah keturunan dari Uranus dan Gaia. Cronus menggulingkan ayahnya yang memerintah selama Jaman Emas mitologis.

Dia akhirnya digulingkan sendiri oleh putranya Zeus dan dipenjarakan di Tartarus. Namun Plato bependapat bahwa dewa Phorcys, Cronus, dan Rhea adalah anak tertua dari Oceanus dan Tethys.

Cronus biasanya digambarkan dengan harpa dan sabit yang dia gunakan untuk mengebiri dan menggulingkan ayahnya, Uranus. Sebuah festival bernama Kronia diadakan untuk menghormati Cronus untuk merayakan panen, menyangka bahwa hasil panen adalah rahmat dari Cronus sebagai pelindung panen. Cronus juga diidentifikasi dalam zaman kuno sebagai dewa Romawi Saturnus.

Mitologi

Dalam catatan Teologi Hesiod dikatakan bahwa Cronus iri akan kekuatan ayahnya, penguasa alam semesta. Uranus sendiri menarik konflik antara dia dengan Gaia ketika menyembunyikan anak-anak bungsu Gaia, yaitu Hecatoncheires dan Cyclope di Tartarus. Gaia menciptakan sabit dari batu Adamantine dan mengumpulkan anak-anaknya untuk mengebiri Uranus.

Hanya Cronus yang bersedia melakukannya. Gaia memberikan sabitnya dan menempatkan Cronus dalam penyergapan. Ketika Uranus datang untuk menemui Gaia, dengan cepat Cronus menyerangnya dan mengebiri kelamin Uranus.

Zakar milik Uranus terbuang ke laut dan darah Uranus yang jatuh ke bumi menjadi raksasa, Erinyes, dan Meliae. Testis yang terbuang menghasilkan busa putih di mana dewi Aphrodite muncul.

Uranus mengancam Cronus dan akan membalas dendam dengan memanggil putra-putranya Titenes karena Cronus telah melanggar batas-batas dan berani melakukan tindakan semacam itu.

Cronus memenjarakan Uranus dalam Tartarus. Dia juga memenjarakan Hecatoncheires dan Cyclopes dan mengantur Campe untuk menjaga mereka. Cronus dan kakaknya, Rhea mengambil alih takhta dunia sebagai raja dan ratu.

Pemerintahan Cronus disebut Jaman Keemasan karena orang-orang pada masa itu tidak membutuhkan hokum atau aturan. Semua orang hanya melakukan hal yang benar dan tidak ada pelanggaran amoralitas.

Cronus belajar dari pengalamannya bahwa ayah ditakdirkan untuk digulingkan oleh putranya sendiri. Akibatnya meski telah memiliki anak Demeter, Hestia, Hera, Hades dan Poseidon oleh kandungan Rhea, dia melahap mereka semua untuk mencegah karmanya.

Ketika anak ke-6, Zeus lahir, Rhea meminta bantuan Gaia untuk menyusun rencana menyelamatkan Zeus. Akhirnya Zeus selamat dan mendapatkan kekuatan untuk menjatuhkan ayahnya.

Zeus dilahirkan di Kreta dan Rhea menyerahkan bongkahan batu yang dibungkus lapin sebagai pengganti Zeus untuk Cronus. Batu tersebut disebut Omphalos, Cronus segera menelannya dan mengira itu adalah anaknya.

Rhea menyembunyikan Zeus di sebuah gua di Gunung Ida, Kreta. Beberapa versi cerita mengatakan bahwa Zeus dibesarkan oleh seekor kambing bernama Amalthea. Sekelompok Kouretes, penari pria lapis baja, berteriak dan bertepuk tangan untuk menutupi tangisan bayi dari Cronus.

Versi lain dari mitos Zeus adalah diangkat oleh peri Adamanthea, yang menyembunyikan Zeus dengan menggantungnya dengan seutas tali dari pohon sehingga ia tergantung di antara bumi, laut dan langit. Versi lain mengatakan bahwa Zeus dibesarkan oleh neneknya, Gaia.

Begitu Zeus telah dewasa, dia melepaskan Hecantoncheires dan para Cyclope yang menempa petir, trisula Poseidon dan helm kegelapan Hades untuknya. Dalam perang tersebut Zeus dan saudara-saudaranya menggulingkan Cronus dan titan lainnya.

Setelah itu banyak titan yang terkurung di Tartarus. Namun Oceanus, Heliosm Atlas, Prometheus, Epimetheus dan Menoetius tidak dipenjara. Gaia mengandung monster Typhon untuk membalas dendam kepada Zeus atas para titan yang dipenjara.

Pranala Sumber :

Comments