Cerdic dari Wessex



Cerdic dari Wessex adalah pemimpin Anglo-Saxon di Inggris. Dia merupakan pendiri serta raja pertama dari Saxon Wessex. Pemerintahannya dimulai dari 519-534 AD(Anno Domini atau tahunnya Tuhan).

Namanya tercantum pada Anglo-Saxon Chronicle. Keturunan dari Wessex juga diklaim oleh Chronicle untuk turun dalam beberapa tahap hingga Cerdic. Asal-usul, etnis dan bahkan keberadaannya masih banyak diperdebatkan.

Cerdic dianggap sebagai nama yang besar oleh para ahli Brittonic(bahasa Celtic kuno di Inggris). Menurut hipotesis para ahli Brittonic, Cerdic berasal dari nama Inggris “Caraticos” atau “Coroticos” dan dianggap sebagai orang Inggris asli.

Dari waktu ke waktu dipercayai bahwa keturunan dari Cerdic menjadi Anglikan. Pandangan ini didukung oleh nama-nama keturunannya yang bukan Bahasa Jerman. Contoh keturunannya adalah Ceawlin, Cedda dan Caedwalla.
Anglo-Saxon Chronicle memberitahu gambaran dari silsilah nenek moyang Cerdic. Dari Chronicle tersebut ditemukan Woden(Odin) dan leluhur kuno dari Alkitab sebagai pucak dari leluhur Cerdic.

Kennect Sisam menunjukan bahwa silsilah tersebut berasal dari proses penjabaran panjang termasuk meminjam dari akar raja-raja Bernicia. Meski begitu silsilah sebelum Cerdic sendiri belum ada dasar kepastian sejarahnya.

JNL Myres mencatat Cerdic dan Cynric pertama kali muncul di Anglo-Saxon Chronicle digambarkan sebagai ealdormen(pria berstatus tinggi atau bangsawan).  Selain itu mulai tahun 519 Cerdic dan Cynir mulai memerintah atas tanah mereka sendiri.

Cerdic memiliki ayah yang bernama Elesa. Elesa diidentifikasi oleh beberapa ahli sebagai Elacius dalam Roman-Inggris. Dia adalah seorang kepala daerah yang bertemu dengan Germanus dari Auxerre.

Menurut Chronicle Anglo-Saxon, Cerdic mendarat pada sebuah tanah yang sekarang namanya adalah Hamsphire. Dia mendarat di sana bersama putranya Cynric pada tahun 495. Dikatakan dia berhadapan dengan raja Inggris bernama Natanleod dan membunuhnya tiga belas tahun kemudian.

Cerdic bertempur di Cerdicesleag pada 519. Dia berhasil menaklukkan Isle of Wight  di antara pedang sebelumnya. Tanah tersebut diberikan kepada Stuf dan Wihtgar. Cerdic meinggal pada 534 dan digantikan putranya Sinis atau mungkin Creoda dari Wessex.

Sejarah awal Wessex tidak begitu dapat dipercaya karena banyak duplikasi informasi yang bertentangan. Beberapa ahli mengatakan bahwa kematian Cerdic adalah kerena kekalahannya di Gunung Badon pada 490 atau selebihnya, tetapi tidak mencapai angka 518.

Catatan sejarah Anglo-Saxon Chronicle  pada silsilah dari keturuan raja-raja kemudian menyebutkan putra Cerdic yaitu Cynric. Namun dalam Daftar Silsilah Regnal menjunjukkan jarak di anatara generasi mereka. Anak dari Cerdic adalah Creoda dan cucunya dalah Sinis.

Pranala Sumber :

Comments