Cartigern



Catigern adalah seorang figure dari mitologi Welsh. Dia merupakan putra dari raja Vortigern, raja tiran dari Inggris. Dia memiliki paman bernama Vortimer yang menjadi saudara Vortigern. Namanya muncul pada silsilah Welsh. Kisahnya dikenal karena kejatuhannya pada pertempuran melawan bangsa Saxon.

 

Sejarah

Nama “Catigern” awalnya disebut pada Historia Brittonum. Sosoknya dikaitkan dengan seorang biarawan bernama Nennius. Pada bab 43-45 dikatakan setelah raja Inggris Vortigern memenangkan perlawan dengan para Saxon.

Purta dari Vortigern yaitu Vortimer mulai bangkit dan membantu pertempuran. Vortimer terlibat empat pertempuran. Pada pertempuran ketiga yaitu Pertempuran Epsford(Aylesford), Catigern jatuh bersama pemimpin Saxon, Horsa.

Pada bab 48 juga menyebutkan nama Catigern. Dia dijadikan sebagai anak kedua Vortigern setelah Vortimer. Anak Vortigern yang lain juga merupakan adik-adiknya bernama Fascent dan Faustus. Di bab ini dijelaskan kembali kematian Catigern bersama Horsa.

Peran Catigern tidak terlalu jelas dalam perang tersebut. Namun teksnya menyiratkan bahwa dia berjuang bersama saudaranya melawan Saxon. Dalam The Aglo-Saxon Chronicle menyebutkan kematian Horsa, tetapi tidak menyebutkan nama Catigern.

Cartigern juga muncul sebagai Cattegirn dalam silsilah Harleian. Dalam bahasa Celtic ‘cato’ berarti ‘perang’ dan ‘tigerno’ berarti ‘penguasa’. Cattegirn juga muncul dalam kepala tiga silsilah penguasa Powys.

Dalam masing-masing teks dikatakan bahwa dia bukan putra Vortigern. Leluhurnya adalah seorang legenda dari Powys bernama Cadell Ddyrnllwg. Cadell dikenal dalam Hitoria Brittonum sebagai seorang pengikut Santo Germanus dari Auxere.

Santo Germanus dari Auxere sendiri merupakan musuh Vortigern. Lalu Cadell serta keturunannya menjadi seorang raja pada tanah yang dinamai Powys selama berabad-abad. Namun dalam sisilah Jesus Colloge MS 20 dikatakan “Cadern” sebagai ayah dari Cadell dan putra Vortigern.


Sastra dan Legenda

Catigern muncul dalam karya Geoffrey dari Monmouth pada bukunya yang berjudul Historia Regum Britanniae. Geoffrey menambahkan detail untuk karakter Cartigern serta Horsa. Mereka berdua bertemu secara langsung dalam pertempuran Epsford dan saling membunuh satu sama lain.

Kisah Geoffrey tersebar luas di abad pertengahan. Karya setelahnya mengadaptasi kisah Cartigern dari kisah milik Geoffrey. Pertempurannya dengan Horsa dijadikan puisi oleh John Lesslie Hall dengan judul “Death of Horsa”. Dia juga muncul dalam drama William Henry Ireland berjudul “Vortigern and Rowena”. Awalnya karya tersebut dinyatakan sebagai karya hilang dari William Shakespeare.

Pranala Sumber :

Comments