Watanabe no Tsuna

https://en.wikipedia.org/wiki/Watanabe_no_Tsuna
sumber : https://en.wikipedia.org

Watanabe no Tsuna adalah seorang samurai dari Jepang. Dia merupakan bawahan dari Minamoto no Yorimitsu(dikenal juga sebagai Raiko). Tsuna adalah salah satu samurai paling awal yang terkenal dengan ekploitasi militernya.

Legenda

Watanabe menjadi fitur yang terkait dengan petualangan legendaris Yorimitsu. Dia membantu setiap petualangan Yorimitsu untuk memerangi banyak monster, binatang buas serta oni atau iblis.

Dalam salah satu dongeng diceritakan bahwa Tsuna menemani Raiko ke gubuk Yamamba, sebuah gubuk yang dapat memakan manusia. Di sana dia dan Raiko bertemu dengan seorang anak laki-laki yang dikenal sebagai Kintaro.

Kintaro adalah bocah berkekuatan manusia super yang dibesarkan di antara binatang. Kintaro meminta kepada Raiko agar dijadikan bawahannya. Lalu Raiko memungutnya dan memberikan nama Sakata no Kintoki kepadanya.

Shitenno (Empat Penjaga Raja)

Shitenno adalah nama untuk empat penjaga terbaik Minamoto no Raiko. Salah satu dari mereka adalah Watanabe no Tsuna. Tiga lainnya adalah Sakata no Kintoki, Urabe no Suetake dan Usui Sadamitsu. Panggilan Shitenno juga merujuk pada Empat Raja Kayangan yang menjadi pilar bagi sang Buddha.

Tsuna dikatakan pernah membantu Raiko dalam upaya membunuh tsucigumo(yokai/makhluk supranatural berbentuk laba-laba). Selain itu, Tsuna pernah membunuh Ibaraki-doji, salah satu pengikut utama Shuten-doji.

Tsuna bertarung sendirian melawan Ibaraki-doji di gerbang Rashomon, di ujung selatan dari Suzaku-oji, tepatnya di jalan tengah Utara hingga Selatan ibu kota tua Heian-kyo(Kyoto).

Tsuna dan Ibaraki-doji

Menurut legendanya, pada akhir abad ke-10 dari Periode Heian, Ibaraki-doji adalah seorang oni/iblis yang kejam. Dia tinggal di Gerbang Rashomon, Kyoto. Ibaraki senang melecehkan orang yang mencoba melewati gerbangnya.

Watanabe no Tsuna selaku pengikut setia Minamoto no Raiko pergi untuk menaklukkan Ibaraki. Ketika dia sampai di depan Gerbang Rashomon, Ibaraki-doji menyerangnya. Karena kemampuannya dia dapat membela diri dari serang yang diarahkan kepadanya.

Pertempuran berlanjut hingga Tsuna melepaskan katana-nya, lalu dengan segera dia memotong lengan iblis Ibaraki-doji. Ibaraki merintih kesakitan dan melarikan diri, legannya yang putus dia tinggalkan. Tsuna membawa lengan itu sebagai penghargaan kemenangannya. Sesampainya di rumah, dia membungkus lengan tersebut dan menguncinya dalam sebuah peti.

Beberapa hari kemudian seorang wanita mengaku sebagai bibi Tsuna, dia bernama Mashiba, datang mengunjungi kediaman Tsuna. Selama percakapan itu, bibinya meminta Tsuna menceritakan pentempurannya melawan oni hingga membawa lengannya.

Lalu setelah mendengar cerita tersebut, sang bibi meminta untuk dikasih lihat lengan Ibaraki yang telah terpotong. Tanpa menaruh curiga, Tsuna mengeluarkannya dan menunjukkannya. Lalu sekilas sang bibi berubah menjadi Ibaraki-doji dan mengambil lengan tersebut. Ibaraki pun kabur dari kediaman Tsuna dan tidak pernah muncul, bahkan di Gerbang Rashomon.

Pranala Sumber :

Comments