Urabe no Suetake dan Usui Sadamitsu



Urabe no Suetake dan Usui Sadamitsu adalah anggota dari Shitenno(Empat Penjaga Raja). Selama periode Heian mereka melayani Minamoto no Yorimitsu atau Minamoto no Raiko. Mereka ditemani oleh Watanabe no Tsuna serta Sakata no Kintoki atau dikenal sebagai Kintaro.
 

Urabe no Suetake

Urabe adalah seorang samurai yang hidup selama periode Heian. Dia melayani Minamoto no Yorimitsu sebagai bupati dari Klan Fujiwara. Suetake dikenal secara formal sebagai Taira no Suetake(Hirakibu).

Dia muncul dalam beberapa karya sastra seperti Rokuro dan Kageyu. Suetake membantu petualangan Yorimitsu seumur hidupnya hingga disebut sebagai salah satu dari Shitenno atau “Empat Penjaga Raja” yang melayani Yorimitsu.

Suetake dikenal berasal dari Kediaman Seiryu(Naga Biru). Dia juga menjadi subjek dari kisah Konjaku Monogatarishu, kumpulan legenda rakyat yang disusun pada akhir periode Heian. Awal perdananya diketahui di Oeyama(Gunung Oe). Ia meninggal pada tahun 1022 pada usianya yang ke-73.

Usui Sadamitsu

Usui Sadamitsu adalah seorang pejuang dari pertengahan periode Heian. Nama resmi yang dia miliki adalah Taira no Tadamichi. Cerita tentang dia terdapat dalam Otogizoshi(sebuah kumpulan prosa berjumlah sekitar 350-an yang ditulis selama periode Muromachi) yang disusun beberapa abad setelahnya.

Dalam Otogizoshi, Sadamitsu adalah seorang punggawa dan pahlawan legendaris dari Jepang. Dia melayani Minamoto no Yorimitsu atau Minamoto no Raiko dan dikenal sebagai salah satu dari Shitenno(Empat Penjaga Raja) di bawah kepemimpinan Raiko.

Dalam Konjaku Monogatari, Sadamitsu digambarkan sebagai salah satu dari tiga pengikut Raiko. Dia juga termasuk salah satu tokoh yang terdapat dalam tsuchigumo(kisah laba-laba tanah) yang melibatkan Raiko.

Dalam kisahnya Raiko, Sadamitsu secara pribadi melindungi Raiko yang tengah menderita penyakit misterius. Sadamitsu juga digambarkan dalam karya seni dan drama kabuki(drama musikal). Kadang-kadang dia juga digambarkan sebagai seorang perempuan.

Pranala Sumber :

Comments