Nefertari


https://en.wikipedia.org/wiki/Nefertari
sumber : https://en.wikipedia.org

Nefertari Meritmut adalah seorang ratu Mesir. Dia adalah ratu utama dari Kerjaan Besar Mesir dan istri pertama Ramesses yang Agung. ‘Nefertari’ berarti ‘teman yang cantik’ dan ‘Meritmut’ berarti ‘kekasih dari(dewi) Mut’.
Nefertari merupakan ratu Mesir yang terkenal. Tempatnya ada disebelah Cleopatra, Nefertiti dan Hatsheput. Dia berpendidikan tinggi dan manpu membaca serta menulis hieroglif yang merupakan keterampilan langka waktu itu.

Keterampilannya tersebut digunakan untuk pekerjaan diplomatic sesuai pekerjaan bangsawan terkemuka yang lainnya. Makamnya(QV66) dihiasi dengan pernak-pernik mewah dan salah satu yang spektakuler di Lembah Ratu. Ramses juga membangun kuil untuk Nefertari di Abu Sumbel di sebelah monument kolosalnya.

Keluarga

Nefertari memiliki latar belakang keluarga yang tidak jelas dan belum diketahui. Di makamnya ditemukan sebuah kenop bertuliskan cartouche atau nama dari Firaun Ay. Hal ini membuat para ahli bespekulasi bahwa ada hubungan keluarga di antaranya. Namun hal tersebut tidak menyertakan bukti konklusif antara Nefertari dengan keluarga dari dinasti ke-18.

Ramses II menikahi Nefertari sebelum dirinya diangkat menjadi Firaun. Bersamanya, Nefertari memiliki empat anak laki-laki dan dua anak perempuan. Putra tertua mereka bernama Amun-her-khepeshef adalah putra mahkota sekaligus komandan pasukan. Putra ketiganya, Pareherwenemef dijadikan sebagai pasukannya.

Parengan Meryatum diangkat menjadi Imam Besar Ra di Heliopolis. Putra keempat yang disebutkan di Abu Simbel bernama Merye dan dianggap sebagai putra lain Nefertari. Meritamen dan Henuttawy adalah kedua putri Nefertari yang digambar di depan kuil kecil di Abu Simbel.

Di Abu Simbel juga ada kehadiran lain seperti Bak(et)mut, Nefertari dan Nebettawy yang disangkutpautkan menjadi putri lanjutan dari Nefertari. Namun tidak ada bukti konkret di antara mereka.

Biografi

Kemunculan pertama Nefertari sebagai istri Ramesses II dalam tahun jabatan pertama Ramesses II. Nefertari digambarkan mengangkat Nebwenenef ke posisi Imam Besar Amun selama kunjugannya ke Abydos.

Pada tahun pertama itu, Nefertari juga muncul dalam adegan di samping stela. Digambarkan dia mengguncang dua sitra(alat music perkusi Mesir Kuno) sebelum Taweret, Thoth dan Nut.

Kehadiran Nefertasi menjadi sangat penting dalam adegan Luxor dan Karnak. Dari adegan Luxor, dia muncul sebagai pembimbing jalan anak-anak kerajaan. Lalu ditunjukkan dalam adegan lain kehadirannya dalam Festival Mast of Amun-Min-Kamephis.

Nefertari muncul sebagai pedamping Ramsess Ii pada banyaknya patung di Luxor dan Karnak. Di Thebes Barat, Nefertari disebutkan ada sebuah kelompok patung dari Deir el-Bahari pada sebuah stela dan blok dari Deir el-Medina.

Kehormatan terbesar Nefertari ditaruh di Abu Simbel oleh Ramsess II. Sebuah kuil kecil di sana didedikasihkan penuh untuk Nefertari dan dewi Hathor. Nefertari juga menonjol dalam tablet dari orang Het. Tablet tersebut berisi korespondensi Nefertari dengan raja Hattusili III dan ratunya Puduhepa. Namanya disebutkan sebagai Naptera.

Nefertari ditampilkan pada perayaan perdana di Abu Simbel yang ke-24. Putrinya yang bernama Meritamen mengambil tempat ibunya dan menggantikan perannya dalam beberapa adegan. Hal itu menyebabkan anggapan bahwa kesehatan Nefertari sedang buruk waktu itu. Lalu setelah meninggal, jasadnya dimakamkan di QV66 di Lembah Ratu.

Monumen

Kuil Agung Abu Simbel

Kemunculannya dua kali, pertama di antara patung raksasa Ramses II dan Ibu Ratu Tuya. Kedua adalah disebelah kanan pintu ada patung Nefertari dengan Baketmut serta putra dari raja Ramses. Dalam kuil Nefertari digambarkan pada sebuah pilar besar yang sedang menyembah Hathor dari Ibshek.

Di dinding aula berpilar bagian dalam, Nefertari muncul di belakang Ramesses II. Mereka berdiri di depan Amun dengan penampilan Nefertari yang memainkan sitra. Di tempat lain Nefertari dan Ramesses II diperlihatkan di depan gambar Ramses II yang didewakan. Nefertari ditampilkan dua kali dalam adegan kemenangan suaminya.

Kuil Kecil Abu Simbel

Kuil ini didedikasikan hanya untuk Nefertari dan Hathor. Ada dua patung besar Nefertari berdiri di depan kuil dengan ukuran yang sama dengan patung Ramses II. Patung Nefertari memegang sistrum dan mengenakan gaun panjang dengan wig panjang, tanduk sapi Hathoric, cakram matahari, juga bulu-bulu tinggi yang dipasangkan untuk modius(hiasan kepala atau mahkota).

Di dalam kuil Nefertari dimunculkan dalam banyak adegan. Misalnya menawarkan seekor sapi(Hathor) dalam semak papyrus. Juga persembahan di hadapan Khnum, Satis, Anuket, trio Elephatine   dan persembahan untuk Mut dan Hathor.

Makam ke-66 di Lembah Ratu 

Nefertari dimakamkan di makam ke-66 dengan nama QV66 dan menjadi salah satu makam tersebar di sana. Luasnya 520 meter persegi ditutupi oleh gambar Nefertari. Namun Ramses tidak terwakilki di dalamnya.

Nefertari digambarkan mengenakan anting-anting perak Yunani dengan desain labyrs. Barang tersebut diterimanya atas alasan diplomatic. Makam tersebut sempat kerampokan di zaman kuno. Tahun 1904 berhasil ditemukan dan digali oleh Ernesto Schiaparelli.

Beberapa benda yang ditemukan di makam seperti gelang emas, figure shabti dan sepotong anting-anting kini dapat ditemukan di Museum Seni Boston. Tokoh shabti tambahan dapat ditemukan di Museum Mesir di Kairo.

Pranala Sumber :

Comments