Minamoto no Yoritomo


https://en.wikipedia.org/wiki/Minamoto_no_Yoritomo
sumber : https://en.wikipedia.org

Minamoto no Yoritomo adalah pendiri serta shogun pertama dari Keshogunan Kamakura di Jepang. Pemerintahannya dimulai dari tahun 1192 hingga berakhir pada tahun 1199. Dia memiliki nama dharma Bukoshogendaizenmon.

Kehidupan Awal

Yoritomo adalah putra ketiga dari Minamoto no Yoshitomo, pewaris dari klan Minamoto cabang Seiwa Genji. Ibunya adalah Urahime, istri resmi dari Yoshitomo, dia adalah putri dari Fujiwara no Suenori, yang merupakan anggota dari klan Fujiwara yang terkenal.

Yoritomo lahir di Atsusa, Provinsi Owari yang sekarang dikenal sebagai Atsuta-ku, Nagoya. Pada masa kecilnya, kakeknya yang bernama Minamoto no Tameyoshi menjadi kepala klan Minamoto. Nama masa kecil dari Yoritomo sama seperti Benkei, yaitu Oniwakamaru.

Di tahun 1156 terjadi perpecahan faksi dan menyebabkan perang terbuka di ibukota. Kaisar Toba yang tertutup bersama putranya, Kaisar Go-Shirakawa berpihak pada anak bupati  Fujiwara no Tadazane, yaitu Fujiwara no Tadamichi serta pada Taira no Kiyomori dari klan Taira.

Sementara dipihak lain, yaitu Kaisar Sutoku yang tertutup memihak anak muda dari Tadazane, yaitu Fujiwara no Yorinaga. Akhirnya perang yang melibatkan mereka semua disebut Pemberontakan Hogen.

Seiwa Genji pun terpecah. Kepala klan Minamoto, Tameyoshi, memihak kepada Sutoku. Sementara anaknya Yoshitomo memihak kepada Toba dan Go-Shirakawa serta Kiyomori. Akhirnya pertempuran saudara tersebut dimenangkan oleh pihak Go-Shirakawa.

Kemenangan tersebut menaikkan posisi Yoshitomo dan Kiyomori. Sutoku dipenjara sebagai tahanan rumah dan Yorinaga terluka parah dalam pertempuran. Tameyoshi dieksekusi, meski Yoshitomo tidak menghendakinya dan memohon untuk tidak dilakukan.

Setelah kematian Tameyoshi, Yoshitomo diangkat menjadi kepala dari klan Minamoto. Lalu Yoritomo diangkat menjadi pewarisnya. Yoshitomo pemimpin dari Minamoto dan Kiyomori pemimpin dari Taira mulai berkonfrontasi dan akan melahirkan perang saudara lagi.

Kiyomori didukung oleh Fujiwara no Michinori(Shinzei). Sementara Yoshitomo didukung oleh Fujiwara no Nobuyori. Hal ini menyebabkan sebuah peristiwa yang dikenal sebagai Pemberontakan Heiji. 

Rumah-rumah dari mantan kaisar dan Shinzei dibakar. Lalu Shinzei ditangkap dan dipenggal. Karena ketidaksiapan klan Minamoto, klan Taira akhirnya mengambil kendali Kyoto. Yoshitomo melarikan diri ke ibukota, tetapi langsung dieksekusi oleh seorang pelayan.

Sebagai hukuman keras untuk klan Minamoto serta sekutu mereka, hanya disisakan tiga anak laki-laki dari Yoshitomo. Taira no Kiyomori naik menjadi pemimpin Jepang dan Yoritomo diangkat menjadi kepala klan Minamoto yang baru serta di asingkan.

Alasan kenapa Yoritomo tidak dieksekusi karena pinta ibu tirinya Kiyomori. Saudara lain dari Yoritomo yang masih hidup adalah Minamito no Noriyori dan Minamoto no Yoshitsune.

Setelah diasingkan, Yoritomo menikah dengan putri Hoju Masako masa dari klan Hojo. Saat itu klan Hojo sedang dalam kepemimpinan Hoji Tokimasa, ayah dari Masako. Berkat teman-temannya, Yoritomo berhasil mencari informasi terkini tentang Kyoto hingga berakhirnya pengasingan.

Perang Genpei

Tahun 1180, Pangeran Mochihito, putra dari Kaisar Go-Shirakawa dipermalukan oleh Taira karena aksesi Kaisar Antoku ke tahta yang didukung oleh Taira. Dia mempersenjatai klan Minamoto di seluruh Jepang untuk memberontak melawan Taira.

Yoritomo pun ikut andil dalam pemberontakan tersebut. Alasanya adalah hubungan Minamoto dan Taira yang semakin renggang serta kematian dari Minamoto no Yorimasa dan Pangeran Mochihito.

Yoritomo menempatkan dirinya sebagai pewaris sah klan Minamoto. Dia mendirikan ibukota di Kamakura sebelah timur. Meski begitu tidak semua orang menggangap Yoritomo sebagai ahli waris yang sah. Ada konspirasi dari pamannya, Minamoto no Yukiie dan sepupunya, Munamoto no Yoshinaka.

Pada bulan September tahun 1180, Yoritomo mengalami kekalahan dalam pertempuran Ishibashiyama yang menjadi pertempuran besar pertamanya. Penyebabnya adalah serangan malam yang cepat dari Oba Kagechika.

Setelah kekalahannya oleh klan Heike tersebut, Minamoto no Yoritomo melarikan diri ke pegunungan Hakone dan tinggal di Yugawara. Setelahnya dia melarikan diri dari Manazuru ke Awa(Chiba). Setelah menghabiskan enam bulan, dia telah mengumpulkan pasukan barunya.

Pada 1181, dikonfirmasi bahwa Taira no Kiyomori telah meninggal. Kepemimpinan dari klan Taira diambil oleh Taira no Munemori. Mumemori lebih agresif lagi dalam perlawanannya terhadap klan Minamoto. Dia menyerang pangkalan Minamoto dari Kyoto dalam Perang Genpei.

Yoritomo sendiri dilindungi dengan baik di Kamakura. Saudara-saudaranya, Minamoto no Yoshitsune dan Minamoto no Noriyori mengalahkan Taira dalam beberapa petempuran kunci, tetapi mereka tidak dapat menghentikan Minamoto no Yoshinaka yang menjadi saingan Yoritomo untuk memasuki Kyoto pada tahun 1183 dan mengejar Taira ke selatan.

Taira membawa Kaisar Antoku pergi. Tahta Kaisar diganti oleh Minamoto dan menempatkan Kaisar Go-Toba sebagai kaisar baru. Dari tahun 1181 hingga 1184 terjadi gencatan senjata oleh Taira dan menyebabkan Yoritomo dapat membangun pemerintahannya sendiri yang berpusat di Kamakura.

Pada akhirnya dia memenangkan pertempuran dengan sepupunya sendiri yang berusaha mencuri tahtanya dan kepada Taira yang menderita kekalahan yang mengerikan dalam Pertempuran Dan-no-ura pada tahun 1185.

Lalu Yoritomo menetapkan supremasi dalam klannya. Dia membentuk kasta prajurit samura serta bafuku(pemerintahan) pertama dengan system keshogunan yang dipusatkan di Kamakura. Dia memulai zaman feudal di Jepang dan berlangsung hingga pertengahan dari abad ke-19. Yoritomo berlatih shudo(hubungan homoseksual) dengan Yoshinao, seorang anggota Pengawal Kekaisaran.

Pranala Sumber :

Comments