Keturunan klan Minamoto(Klan Genji)


https://en.wikipedia.org/wiki/Minamoto_clan
sumber : https://en.wikipedia.org

Dalam keluarga kerajaan terdapat perbedaan pangeran dengan gelar shinno(memenuhi menjadi Kaisar baru) dan pangeran dengan gelar ou(hebat atau besar). Meski beberapa bukan anggota dari garis keturunan kerajaan, tetapi mereka tetap anggota kerajaan.

Kaisar akhirnya menganugerahkan nama Minamoto untuk pangeran atau keturunananya kecuali mereka yang dari keluarga kerajaan. Banyak klan kemudian yang dibentuk oleh klan Minamoto. Ada 21 cabang dari klan, masing-masing dinamai dengan kaisar dari siapa klan itu diturunkan.

Saga Genji

Saga Genji adalah keturunan dari Kaisar Saga. Kaisar Saga yang memiliki banyak anak menganugerahkan nama Minamoto untuk putra-putrinya. Di antara putra-putranya, Makoto, Tokiwa dan Toru mengambil peran sebagai Menteri Kiri (sedekin).

Minamoto adalah klan kuat dalam Pengadilan Kekaisaran masa periode Heian awal. Beberapa keturunan dari Saga, khusunya diturunkan oleh Toru, menetap di provinsi dan membentuk buke(kemiliteran, biasanya berisi kumpulan samurai). Genji Saga menurunkan klan-klan seperti Watanabe, Matsuura dan Kamachi.

Keturunan Saga Genji yang tercatat antara lain adalah Makoto(putra ketujuh), Hiromu(putra kedelapan), Tokiwa, Sadamu, Hiroshi, Toru, Tsutomu dan Hiraku. Dari Hiromu diturunkan ke cucunya Hitoshi. Dari Tokiwa diturunkan ke putra pertamanya, Okoru. Dari Sadamu diturunkan ke cicitnya, Shitago.

Dari Toru turun lebih banyak seperti cicitnya, Anbo, Watanabe no Tsuna dan Koreshige. Lalu turun lagi dari Watanabe no Tsuna turun ke cucunya, Matsuura Hisashi dan dari Koreshige diturunkan kepada cicitnya, Mitsusue.

Dalam sejarah setidaknya tercatat bahwa ada tiga putri Kaisar Saga yang juga menjadi Minamoto. Mereka adalah Kiyohime, Sadahime dan Yoshihime. Namun hanya beberapa catatan saja yang diketahui dari putri-putrinya ini.

Ninmyo Genji

Ninmyo Genji adalah garis keturunan dari Kaisar Ninmyo. Putra dari Ninmyo yaitu Masaru dan Hikaru adalah udaijin(Mentri Kanan). Di antara keturunan Hikaru adalah Minamoto no Atsushi menjadi ayah angkat Tsuna Saga Genji dan ayah dari istri Mitsunaka Seiwa Genji.

Montoku Genji

Montoku Genji adalah garis keturunan dari Kaisar Montoku. Di antara keturunan Montoku, Yoshiari adalah seorang sadaijin(Mentri Kiri). Mereka juga menurunkan klan Sakado yang menjadi Hokumen no Bushi(semacam unit pasukan/militer).

Seiwa Genji

Seiwa Genji adalah keturunan dari Kaisar Seiwa. Mereka kebanyakan yang berasal dari Tsunemoto adalah putra dari Pangeran Sadazumi. Hachimantaro Yoshiie dan Kawachi Genji dari Seiwa Genji menjadi pemimpin buke(kemiliteran, biasanya berisi kumpulan samurai).

Keturunannya membentuk keshogunan Kamakura dan membuat silsilah pretisius yang diklaim oleh banyak buke. Yang paling utama adalah keturunan langsung klan Ashikaga(membentuk keshogunan Ashikaga) dan menjadi saingan klan Nitta. Berabad-abad kemudian, Tokugawa Ieyasu mengklaim keturunan dari Seiwa Genji melalui klan Nitta.

Yozei Genji

Keturunan langsung dari Kaisar Yozei. Tsunemoto disebutkan berasal dari Yozei Genji(berdasarkan bukti akhir abad ke-19 oleh Hoshino Hisashi) juga disebut sebagai leluhur dari Seiwa Genji. Namun argumen tersebut tidak terima secara luas.

Koko Genji

Keturunan dari Kaisar Koko dan memiliki cicit seperti Pangeran Koretada dan putra sulungnya, Kosho yang menjadi leluhur dari sederetan busshi(spesialis patung Buddha). Mereka memunculkan banyak gaya patung Buddha. Cucu dari Kosho yaitu Kakujo mendirikan lokakarya Shichijo Bussho.

Uda Genji

Keturunan langsung dari Kaisar Uda. Turun ke dua putra Pangeran Atsumi yaitu Masanobu dan Shigenobu menjadi sedekin(Mentri Kiri). Anak dari Masanobu berkembang dan membentuk lima dojo(bangunan tempat berlatih/belajar/bertanding beladiri) sebagai rumah Kuge(kelas tinggi dalam masyarakat) dan sebagai Buke.

Daigo Genji

Merupakan keturunan dari Kaisar Daigo. Putranya Takaakira menjadi sedan(Mentri Kiri) dan mengalami kejatuhan selama insiden Anna. Keturunan dari Takaakira termasuk klan Okamoto dan Kawajiri. Cucu Daigo yaitu Hiromasa adalah musisi terkenal.

Murakami no Genji

Adalah keturunan dari Kaisar Murakami. Cucu Murakami, Morofusa adalah seorang udaijin(Mentri Kanan) dan memiliki banyak keturunan contohnya beberapa ruma dojo kuge. Hingga pada klan Ashikaga mengambil periode Muromachi, gelar Genji no Choja(Gelar Tertinggi klan Minamoto/Genji) selalu jatuh ke salah satu keturunan Morofusa.

Reizei Genji

Adalah keturunan dari Kaisar Reizei. Meskipun mereka termasuk dalam daftar 21 garis keturunan Genji, tidak ada catatan yang konkret tentang keturunannya yang mewarisi nama Minamoto.

Kazan Genji

Adalah keturunan Kaisar Genji. Mereka menjadi keluarga dojo Shirakawa yang mengepalai Jingi-kan(birokrasi Kekaisaran urusan kepercayaan Shinto) dan bertanggung jawab atas aspek-aspek dari Shinto sendiri.

Go-Sanjo Genji

Adalah keturunan dari  Kaisar Go-Sanjo, Pangeran Atsuakira. Michisue adalah salah satu dari mereka yang memilki posisi Okimi-no-kami(kepala silsilah keluarga kekaisaran) dalam Kementrian Dalam Negeri Kekaisaran dan diturunkan secara turun termurun.

Go-Shirakawa Genji

Dalam sisilah ini terdiri dari keturunan Kaisar Go-Shirakawa, putranya yaitu Mochihito-o (Takakura-no-Miya). Mochihito menjadi bagian dari pertikaian saudara dan menyebabkan permusuhan awal pada Perang Genpei. Ia lalu dideklasifikasi menjadi Minamoto no Mochimitsu dan diasingkan.

Juntoku Genji

Juntoku Genji adalah keturunan dari putra Kaisar Juntoku, yaitu Tadanari-o dan Pangeran Yoshimune. Cucu terakhirnya bernama Yoshinari berhasil naik menjadi sedada(Mentri Kiri) berkat bantuan Ashikaga Yoshimitsu.

Go-Saga Genji

Mereka terdiri dari cucu Kaisar Go-Saga, Pangeran Koreyasu. Koreyasu-o dipasang sebagai shogun boneka(shogun ketujuh dari masa Kamakura) pada usia mudanya. Dia dinamai menjadi Minamoto no Koreyasu beberapa tahun setelahnya.

Pemerintahannya pun digulingkan, tetapi dia kembali mendapatkan status keluarga kerjaannya. Lalu dia menjadi seorang biksu setelahnya dan kehilangan nama Minamoto.

Go-Fusakusa Genji

Mereka adalah keturunan dari putra Kaisar Go-Fusakusa yaitu Pangeran Hisaaki(menjadi shogun kedelapan masa Kamakura). Putra-putra dari Hisaaki, Pangeran Morikuni dan Pangeran Hsayoshi diangkat menjadi Minamoto. Kemudian Morikuni diangkat menjadi shogun berikutnya.

Ogimachi Genji

Keturunan non-kerajaan dari Kaisar Ogimachi. Awalnya mereka adalah seorang buke, tetapi kemudian diangkat menjadi dojo-ke(semacam gelar bangsawan) oleh keluarga Hirohata.

Pranala Sumber :

Comments