Isthar(Inanna)



Isthar merupakan dewi Mesoptamia kuno. Dia adalah dewi cinta, keindahan, kelamin, hasrat, kesuburan, perang, keadilan dan politik. Awalnya dia disembah di Sumeria dengan nama Inanna. Akkadians, Babilonia dan Asyur menyembah dengan nama Isthar.

Isthar juga dikenal sebagai ”Ratu Surga”. Di kota Uruk dia dikenal sebagai pelindung kuil Eanna dan menjadi pusat kulturasi utama di sana. Isthar dikaitkan dengan planet Venus dengan symbol-simbol singa dan bintang delapan ujung.

Isthar menikah dengan dewa Dumuzid(dikenal juga sebagi Tammuz) serta sukkalnya(pelayan pribadi) yaitu dewi Ninshubur(kemudian menjadi dewa laki-laki bernama Papsukkal).

Pada periode Uruk(sekitar 4000 – 3000 SM), Isthar disembah di Sumeria. Lalu kulturasinya sedikit berubah setelah penaklukan Sargon dari bangsa Akkad. Selama masa Sargon, dia menjadi salah satu dewa yang paling dihormati di panteon Sumeria dengan kuil-kuil di Mesopotamia.

Budaya yang merujuk pada Isther dikaitkan dengan ritus seksual. Lalu dilanjutkan oleh penganutnya yang berbicara dengan bahasa Semit Timur. Mereka menggantikan Sumeria di wilayah tersebut.

Bangsa Asyur sangat mencintainya sebagai dewa tertinggi. Nama Inanna-Isthar juga disinggung dalam Alkitab Ibrani. Dia sangat mempengaruhi legenda dari dewi Fenisia, Astoreth hingga sampai pada Aphrodite dari Yunani.

Kulturasinya terus berkembang sebelum monoteisme(berupa agama Kristen) mengikis habis kepercayaan dewa-dewa. Secara bertahab pengkutnya mulai memudar dan hilang hingga abad ke-6 masa kekristenan. Namun dalam beberapa bagian Mesopotamia dia bertahan hingga akhir abad ke-18.

Namanya banyak muncul dalam mitos daripada dewa Sumeria lainnya. Dia mencuri mes(dekrit dewa) tentang kebaikan dan keburukan dari dewa air Enki. Dia juga mengambil alih kuil Eanna dari dewa dewa langit An.

Bersama dengan saudara kembarnya Utu(dewa Shamash), Isthar menegakkan keadilan ilahi. Dia menghancurkan Gunung Ebih karena menentangnya. Melepaskan kemarahannya pada petani Shukaletuda dan memperkosanya dalam tidurnya.

Dia juga mencari bandit Bilulu yang telah membunuh suaminya Dumuzid. Lalu membunuh bandit tersebut. Lalu dalam kisah Epos Gilgamesh, Isthar meminta Gilgamesh menjadi suaminya dan ditolak. Isthar melepaskan Banteng Surga(Gungalana) dan menyebabkan kematian Enkidu hingga keterpurukan Gilgamesh.

Mitos Isthar yang terkenal lainnya adalah kisanya turun ke Kur(Dunia Bawah Sumeria kuno). Di sana dia berusaha menaklukkan wilayah kakak perempuannya, Ereshkigal sebagai Ratu Dunia Bawah.

Karena dianggap bersalah dan angkuh, tujuh hakim dari Dunia Bawah mengukum mati dirinya. Ninshubur meminta untuk kembalinya Isthar, semua dewa menolaknya kecuali Enki. Lalu Enki mengirim dua makhluk tanpa kelamin ke Dunia Bawah untuk menyelamatkan Isthar.

Mereka mengawal keluar Isthar dari Dunia Bawah. Namun Galla atau Gallu, penjaga dunia bawah, menyeret suaminya Dumuzid ke Dunia Bawah sebagai pengganti Isthar. Dumuzid akhirnya menjadi tahanan di Dunia Bawah setiap setengah tahun sekali.

Pranala Sumber :

Comments