Ereshkigal


https://en.wikipedia.org/wiki/Ereshkigal
sumber : https://en.wikipedia.org

Ereshkigal adalah dewi Kur(dunia bawah Mesopotamia). Dia adalah dewi yang menjaga tanah orang mati dan dunia bawah dalam mitologi Sumeria. Kemudian dalam mitos Semit Timur, dia dikatakan memerintah Irkalla bersama suaminya Nergal.

Terkadang namanya disebut Irkalla, mirip dengan nama Hades yang digunakan dalam mitologi Yunani untuk menamai dunia bawah. Terkadang juga dia disebut sebagai Ninkigal yang artinya “Wanita Bumi yang Hebat”.

Dalam mitos Sumeria, Ereshkigal adalah satu-satunya dewa yang boleh memberikan penilaian hokum di kerajaannya. Dia memiliki kuil utama yang berada di Kutha. Dalam puisi Sumeria berjudul “Turunnya Inanna ke Dunia Bawah”, Ereshkigal disebut sebagai kakak perempuan Inanna atau Isthar. Kisah tersebut menyebutkan dua cerita, pertama turunya Inanna ke Dunia Bawah dan pernikahan Ereshkigal dengan dewa Nergal.

Inanna dan Ereshkigal adalah dua dewi perempuan yang sangat kontas. Mereka berdua berada di dunia yang terbalik 180 derajat. Inanna sendiri adalah penguasa atau Ratu Surga, tetapi Ereshkigal adalah ratu Irkalla/Dunia Bawah.

Turunnya Inanna ke Dunia Bawah

Dalam mitos ini dikatakan bahwa Inanna sedang memperluas kekuasaannya hingga dunia bawah, tempat kakaknya memerintah. Neti, penjaga pintu gerbang Dunia Bawah, memberitahu Ereshkigal bahwa Inanna sedang berada di gerbang dan menuntut untuk dipersilahkan masuk.

Ereshkigal pun memerintahkan Seti untuk mengunci tujuh gerbang masuk dan membukanya secara terpisah. Inanna disuruh untuk melepaskan setiap helai pakaiannya ketika melewati setiap gerbang. Hingga sampai pada gerbang ke tujung, Inanna didapati dengan tubuh telanjang tak berdaya dan berdiri di bawah kekuasaan Ereshkigal.

Tujuh hakim dari Dunia Bawah menilai bahwa Inanna bersalah. Dia lantas dibunuh dan mayatnya digantung pada sebuah kait dan menjadi tontonan di sana. Pelayan Inanna bernama Ninshubur meminta bantuan Enki untuk menyelamatkannya dan Enki pun setuju.

Enki mengirim dua makhluk tanpa jenis kelamin ke Dunia Bawah untuk menghidupkan kembali Inanna dengan air kehidupan. Keduanya berhasil menyelamatkan Inanna dan keluar dari Dunia Bawah. Namun mereka sempat dibuntuti oleh gerombolan iblis dari Dunia Bawah.

Iblis tersebut menuntut untuk membawa orang lain ke Dunia Bawah sebagai pengganti Inanna. Inanna mendapati suaminya, Dumuzid, tidak bersedih atas kematiannya. Lantas Inanna menyuruh iblis teresebut membawa Dumuzid sebagai penggantinya.

Pernikahan dengan Nergal

Dalam mitos ini para dewa mengadakan perjamuan untuk Ereshkigal sebagai ratu Dunia Bawah. Ereshkigal mengirim penasihat Namtar untuk mengundang dewa lain. Dia diperlakukan dengan baik oleh dewa lain, tetapi tidak oleh Nergal, dewa wabah. Akhirnya Ereshkigal menuntut Nergal untuk dikirim ke neraka.

Nergal melakukan perjalanan ke dunia bawah bersama empat belas iblis. Dia sampai ke gerbang Dunia Bawah di mana Neti menjaganya. Eresh memerintahkan untuk melucuti pakaian Nergal selama melewati gerbang hingga telanjang sesampainya di ruang singgahsana, tempatnya akan dibunuh.

Namun di setiap gerbang Nergal mengorbankan dua iblis dan melaju utuh berbusana hingga bertemu Ereshkigal. Sesampainya di singgahsana, dia menabrak Namtar dan membuat Ereshkigal jatuh ke tanah.

Nambar mengeluarkan kapaknya dan Ereshkigal memohon ampun untuk hidupnya. Ereshkigal berjanji akan berbagi kekuasaan dunia bawah bersama Nergal dengan menikahinya. Nergal setuju, tetapi akan kembali ke permukaan setiap enam bulan sekali. Dia membuat siklus untuk berada di permukaan dan di Dunia Bawah setiap setengah tahun.

Dalam tradisi selanjutnya disebutkan bahwa Nergal bepergian atas saran Enki. Enki menyarankan agar Nergal tidak duduk, makan, minum, atau mencuci ketika dirinya di Dunia Bawah. Dia juga diperingatkan untuk tidak bersetubuh dengan Ereshkigal.

Nergal menghormati setiap saran dari Enki. Namun dia tidak dapat menghindarkan godaan untuk bersetubuh dengan Ereshkigal dalam enam hari pertama. Pada hari ketujuh dia melarikan diri ke permukaan dan membuat Ereshkigal kesal.

Ereshkigal mengirimkan Namtar untuk membawa Nergal kembali, tetapi Enki menyamar dan menipu Namtar. Ereshkigal akhirnya menyadari tipuan tersebut dan menuntut Nergal untuk kembali. Kali ini Nergal kembali sendirian. Setelahnya Nergal mengulangi kesalahannya dan akhirnya menikah dengan Ereshkigal.

 Pranala Sumber :

Comments