Cador, Duke Cornwall



Cador adalah seorang duke dari Cornwall. Memiliki nama latin Cadorius. Dia dikenalkan oleh Geoffrey pada Historia Regum Britanniae atau Sejarah Raja Inggris. Selain itu karakternya juga termuat dalam karya sebelumnya contohnya Life of Carantoc.
 
Dalam naskah-naskah yang menceritakan Cador, dikatakan bahwa ia adalah sepupu Arthur Pendragon. Namun meski pun demikian tidak ada bukti hubungan kekerabatan yang dapat ditemukan.

Seorang Penguasa Historis

Cado merupakan putra dari seorang raja Dummoniam. Raja tersebut bernama Gerren. Dia merupakan teman baik Arthur. Mereka berdua dikisahkan memerintah bersama dalam Vita Sanctus Carantoci (Life of Carantoc).

Cado digambarkan memiliki hubungan erat dengan raja Caradoc dari Gwent. Dia juga dipercaya memberikan nama empat bukit yang sekarang dikenal sebagai “Cadbury” yang barangkali menjadi Benteng Cado dahulu.

Salah satunya terletak di Exe, Devon, utara Crediton. Masing-masing bukit alinnya terletak di Somered di dekat Clevedon, Congresbury dan Sparkford. Sedangkan Benteng Cado terletak di luar Callington(Cornwall mengenalnya sebagai Celliwig).

Legenda

Dalam historis yang ditulis oleh Geoffrey, Guinevere dibesarkan sebagai bangsa Cador. Bangsa Cador dikatakan adalah milik Romawi. Lalu Arthur menikahi Guinevere dan menjadikannya sebagai Ratu Britania. Setelah perang Camlann usai, Arthur menyerahkan pemerintahannya kepada kerabatnya yang bernama Constatine. 

Dari Brut Tysilio ditambahkan informasi mengenai Cador. Cador merupakai putra dari Gorlois dan Igraine dari kastil Tintagel. Hal itu membuatnya sebagai saudara tiri Arhur. Dalam teks ini juga dijelaskan tentang Mayric, putra Cador yang meninggal ketika melawan Romawi.

Hal yang sama muncul pada Kronik Richard Hardyng. Di mana Cador disebut sebagai saudara tiri Arthur dengan ibu yang sama. Dalam karya Layamon, Cador muncul sebagai pemimpin yang menyerang Gorlois sedangkan Uther sedang menikmati Igraine di Tintagel.

Dalam karya seperti Le Morte d’Arthur karya Thomas Malory, Cador adalah sepupu Arthur. Cador adalah anak dari saudara perempuan Arthur. Hal yang sama juga ada pada karya berjudul  Alliterative Morte Arthure.

Dalam The Dream of Rhonabwy (romansa abad pertengahan yang terkait Mabinogion) Cador adalah bangsawan dari Cornwall. Dia bertugas membantu raja dalam perangnya. Contoh perang yang dibantunya adalah Perang Badon. 

Pranala Sumber :


Comments