Accolon


https://en.wikipedia.org/wiki/Accolon
sumber : https://en.wikipedia.org

Accolon adalah karakter dari legenda Arthurian yang keluar dalam romansa Perancis dan Le Morte d’Arthur. Dia juga keluar dalam karya-karya modern berikutnya sesuai kisah sumbernya, siklus Arthurian.

Le Morte d’Arthur

Dalam kisah Le Morte d’Arthur karya Thomas Malory, Accolon atau disebut Sir Accolon merupakan ksatria dari Gaul(Gallia). Dia dijadikan sebuah objek dari penyihir Morgan le Fay(Saudara tiri Arthur) untuk menjadi raja.

Awalnya dalam kisah siklus Post-Vulgate, Morgan de Fay digambarkan mencintai Accolon. Malory mengatakan bila Morgan rela membunuh suami dan saudaranya demi menjadikan Accolon sebagai raja.

Morgan de Fay berpikir dapat menjadikan Accolon sebagai contoh raja yang baik. Beberapa cara yang dipikirkannya mulai dari permintaan kepada iblis hingga menggunakan sihirnya. Dia juga berpikir untuk memohon langsung kepada para bangsawan Inggris.

Dalam buku Malory tersebut awalanya Accolon digambarkan sedang berburu bersama Arthur dan Urien. Mereka memutuskan untuk berkemah di hutan karena tidak tahu arah jalan pulang. Lalu mereka terbangun pada sebuah ilusi di atas kapal peri milik Morgan.

Accolon terbangun pada sebuah tanah lapang. Morgan tiba-tiba muncul di hadapannya dan memberikan Excalibur milik Arthur. Setelah itu Accolon diperingati untuk menggunakannya pada perang berikutnya.

Pertempuran berikutnya tersebut adalah duel dengan seorang ksatria misterius. Sejatinya identitas ksatria misterius tersebut adalah Arthur. Saat itu Arthur tidak sadar bahwa Excalibur yang dia bawa adalah yang palsu. Mereka berdua saling bertarung tanpa mengetahui identitas lawan masing-masing.

Dalam pertempurannya Excalibur(palsu) milik Arthur patah. Dengan segera dia sadar bahwa lawannya membawa pedang yang asli. Dia berspekulasi bahwa ada seorang penghianat yang memberikan Excalibur pada lawannya itu. Lalu Arthur kalah dalam duel tersebut.

Arthur terus bertahan dengan perisai yang dibawanya. Dia tidak dapat melakukan perlawanan. Alih-alih Nimue(Lady of the Lake) menggunakan sihir agar Excalibur terbang dan kembali ke tanggan Arthur.

Setelah Excalibur kembali, Arthur melancarkan serangannya. Dia melukai Accolon secara fatal. Setelah itu Arthur sadar bahwa lawannya adalah Accolon. Arthur memutuskan untuk tidak menghukumnya karena kejadian ini. Dia sadar bahwa ini adalah ulah Morgan.

Karena lukannya tersebut empat hari setelahnya Accolon meninggal dunia. Arthur mengirim jasad tersebut kepada Morgan le Fay. Lalu Morgan de Fay mencoba mencuri kembali Excalibur dan mendapatkan sarung pedangnya. Lalu dia buang sarung pedang tersebut ke danau.

Dalam kisah selanjutnya Morgan mengetahui sepupu Accolon bernama Manassen. Dia menyelamatkannya pada kejadian tertentu yang hampir merengut nyawa Manassen. Dia juga membunuh orang yang menculik Manassen.

Pranala Sumber :

Comments