Morgan le Fay



https://pixabay.com/photos/fantasy-dark-gothic-female-4026568/
sumber : https://pixabay.com

Morgan le Fay adalah seorang penyihir atau enchantress dalam legenda Arthurian. Sosoknya sangat rekat dengan keberadaan Nimue/Lady of the Lake. Dia merupakan anak dari Igraine dan saudara tiri Arthur Pendragon. Dia amat membenci ksatria meja bundar yang di pimpin Arthur. Dia memiliki peran sebagai antagonis utama dalam Arthurian. Di juga yang melahirkan Mordred sang ksatria penghianat dengan hubungan terlarangnya bersama Arthur.

Perdebatan Jenis Kelamin

Nama Morgan adalah nama untuk pria tetapi dalam ceritanya Morgan le Fay digambarkan sebagai sosok penyihir perempuan.

Dalam Cerita Arthurian Morgan merujuk kepada banyak orang termasuk pria. Untuk menghindari konflik nama Morgan diplesetkan menjadi Morgan(a) atau Morgan(e). Selain nama Morgan dia juga memiliki nama lain seperti Morgausse dan Anna(nama ini dapat merujuk ke karakter lain).

Dapat Berubah-ubah Rupa

Morgan le Fay atau Faye le Morgana dikenal sebagai saudara tiri Arthur. Dia dikenal sebagai peri baik hari, pendeta, penyihir gelap, penyihir penyembuh, enchanterss, dan dewi laut.

Karena banyaknya peran yang dia mainkan dalam cerita Raja Arthur, ia dipercaya dapat berubah rupa. Kata “Fatamorgana” pula diadopsi dari namanya. 

Seorang Penyihir Penyembuh

Banyak prosa yang menyebutkan bahwa Morgana adalah penyihir hitam dan ahli membunuh. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa dia adalah penyihir yang alhi menyembuhkan.

Bahkan karena kemampuan hebatnya dia diangkat sebagai penyihir penyembuh atau tabib tertinggi kerajaan. Dia pula pernah berguru kepada Merlin dan Lady of the Lake.

Pemimpin Sembilan Penyihir

Rumit sekali dan banyak perdebatan mengenai perannya dalam cerita Arthur. Namun dalam legenda “Sembilan Penyihir” dia berperan sebagai protagonis.

Dia bersama penyihir lainnya(lebih enak disebut peri) membawa Arthur dari bawah pohon apel ke pulau Avalon untuk menyembuhkan luka Arthur. Legenda ini juga mengatakan bahwa Arthur akan kembali dari Avalon sebagai seorang mesias.

Legenda "Sembilan Penyihir" dikaitkan dengan legenda terkenal yaitu legenda "Sembilan Gadis" yang tidak berkaitan dengan Cerita Arthurian. Sembilan Penyihir ini semuanya seorang perempuan dan Morgana sebagai pemimpin mereka.

Dalam Legenda Arthurian, sembilan orang tersebut adalah pengantar Arthur ke pulau Avalon setelah perang terakhirnya di Camlann. Mereka juga pernah membantu Merlin.

Mencuri Sarung Pedang Excalibur

Morgana memiliki banyak rencana jahat di kepalanya. Berulang kali dia mencoba membunuh Arthur. Salah satunya mengirim sebuah mantel atau jubah yang dilapisi sihir kepada Arthur. Walau rencana itu gagal dan menghanguskan pelayan Arthur.

Dia tidak kehabisan cara. Hingga suatu hari dia ingat bahwa Arthur dapat sembuh dari luka apapun karena Sarung Pedang Excalibur. Dia pun mencuri sarung pedang itu dan berhasil. 

Hubungan Morgana dengan Arthur

Banyak referensi yang menyatakan dia adalah kakak tiri Arthur. Dia merupakan anak dari pasangan Igraine(Ibu Arthur) dan Gorlois(mantan suami Ibu Arthur).

Diceritakan seletelah Urther(Ayah Arthur) menghabisi Gorlois, ia menikahi Igraine. Dari hubungan mereka Igraine mengandung Arthur. Karena hubungan ini Morgana dan Arthur diikat hubungan saudara tiri dengan darah dari ibu yang sama.

Pada tengan cerita Morgana membenci Arthur. Kebencian Morgana kepada Arthur tidak diterangkan secara jelas. Beberapa alasan yang paling masuk akal yaitu kematian ksatria yang dia cintai di tangan Arthur.

Morgana cemburu akan kecantikan Guinevere. Ia juga membenci ksatria meja bundar. Hasrat seksualnya sangat buas dengan menjadikan banyak lelaki menjadi kekasihnya bahkan Merlin.

Dalam kisah yang mengisahkan Mordred, mereka(Arthur dan Morgana) diceritakan melakukan hubungan Inses. Karena hubungan itulah lahir calon ksatria penghianat, Mordred.

Morgana merupakan musuh terbesar Arthur. Dia berhasrat ingin merebut kekuasaan Arthur dan bahkan menggunakan Mordred untuk rencananya.

Mengantar Arthur ke Avalon

Segala kisah tentangnya selalu tumpang tindih dan kontras. Tidak ada penggambaran yang tepat untuk Morgana. Tidak ada kesimpulan yang pasti tentang sifat baik atau jahatnya.

Namun banyak prosa menyebutkan bahwa dia yang membawa Arthur ke Avalon. Seperti dia sebagai Sembilan Penyihir atau perubahan tidak jelas atas sikapnya yang tiba-tiba membantu membawa Arthur ke Avalon.


Pranala Sumber: 

Comments