Le Morte d'Arthur(Kematian Arthur)



Le Morte d'Arthur atau Kematian Arthur adalah sebuah karya tentan kisah Arthurian. Secara eksplisit menceritakan Arthur dan Ksatria Meja Bundar hingga kehancurannya. Memiliki delapan buku dengan cerita terpisah. Juga akan dikisahkan pertempuran Arthur dengan Romawi, kisah Lancelot, kisah Tristan dengan Isolde serta kisah Gareth.

Le Morte d'Arthur

Le Morte d'Arthur adalah sebuah kisah dari legenda Arthur. Kisah ini diguga ditulis oleh Sir Thomas Malory. Sesuai judulnya Le Morte d’Arthur(Kematian Arthur) memfokuskan pada kematian sang raja Arthur.

Pengarang

Pada abad ke-15 para ahli berkumpul untuk memberikan spekulasi siapa penulis Le Morte d’Arthur. Dalam karya tersebut ada enam kali penyebutan “Sir Thomas Malory”. Para ahli menyatakan Sir Malory sebagai pengarang karnya tersebut. Malory juga diyakini lahir pada tahun 1416.

Reka Adegan

Pada Le Morte d’Arthur terjadi yang namanya anakronisme(ketidak sesuaian kronologis dan cerita). Ceritanya bergerak jauh hingga ke Roma dan Sarras, bahkan memuat kisah-kisah Alkitab dari peradaban orang timur kuno.

Malory memodernkan cerita yang ditulisnya. Dia memadukan kisah Kerajaan Ingris dengan mitologi Keltik. Mengganti Saxon dengan sebutan Saracen sebagai penjajah tanah Britania. Menuliskannya dalam delapan buku.

Buku Malory

Ada delapan buku dengan judul secara berurutan adalah:

1.   Kelahiran dan Kebangkian Raja Arthur (Caxton I - IV)

Arthur dilahirkan oleh pasangan Uther Pendragon dan Igraine. Kemudian dia diserahkan kepada Sir Ector. Arthur tumbuh dan berhasil menarik pedang dari batu dan mejadi raja. Dia dikaruniai pedang Excalibur dan bersama Merlin sebagai penasihatnya. Dia melakukan banyak perang dan membawa kemenangan manis.

Cerita ini mengikuti Puisi Merlin dan Post-Vulgate. Di sini juga dikenalkan dua bersaudara bernama Balyn dan Balan. Dikisahkan juga penghianatan Morgan le Fay dan hubungan inses Arthur dengan Morgause(saudara perempuan Morgan).

2.   Perang Arthur Melawan Romawi (Caxton V)

Buku ini memperinci pergerakan Arthur kepada Roma. Dibuka dengan keadaan kerajaan yang damai tanpa kerusuhan. Banyak kemenangan yang diraih ksatrianya membuat Britania tentram.

Kaisar Lucious menarik upeti dari Britania. Arthur yang berniat mencari lebih banyak kemenangan manis mencoba berperang ke Roma. Kemenangannya atas Romawi membuatnya diangkat menjadi seorang kaisar Roma. Namun dia kembali ke Britania.

3.   Petualangan Sir Lancelot (Caxton VI)

Kisah ini berdasarkan sebagian kecil dari Prosa Lancelot. Malory menempatkan Lancelot sebagai ksatria paling terhormat milik Arthur. Lancelot bersumpah untuk melindungi kaum hawa dan menjunjung tinggi kode etik ksatria.

Walau memliki sumpah yang cukup sederhana, Lancelot kesulitan menjalankannya. salah satu contohnya adalah hubungannya dengan guinevere. Dia tidak mengakuinya tetapi telah melakukan hubungan yang jauh dengan Guinevere.

4.   Kisah Sir Gareth (Caxton VII)

Menceritakan ksatria muda bernama Gareth. Dia menjalankan misinya sebagai ksatria untuk negeri Liones dan Putri Lynette.

5.   Legenda Tristan dan Iseult (Caxton VIII - XII)

Berisi kisah-kisah dari Sir Tristan dari Lyonesse. Selain Tristan ada juga Sir Dinadan, Sir Palamedes, Sir Alexander Orphan dan ksatria lainnya. Kisah ini diadaptasi dari Prosa Tristan.

Diceritakan perselingkuhan Tristan dengan Isolde/Iseult istri dari Raja Mark/Markus. Dikisahkan juga sisi gelap dari para ksatria meja bundar seperti hubungan Lancelot dengan Galahad.

6.   Pencarian Cawan (Caxton XIII - XVII)

Menceritakan banyaknya ksatria yang diberi misi untuk mencari Cawan Suci. Gawain adalah ksatria yang memulai misi tersebut. Diikuti oleh Lancelot, Perceval, Bors dan ksatria lainnya. Namun hanya Galahad yang berhasil mendapatkannya.

7.   Perselingkuhan Lancelot dan Guinevere (Caxton XVIII - XIX)

Mengisahkan hubungan asmara gelap Lancelot dengan Guinevere. Termasuk juga kisah penyelamatan Guinevere yang diculik oleh Maleagant.

8.   Kehancuran Arthur dan Ksatria Meja Bundar (Caxton)

Mordred dan Avgrain berhasil mengungkap perselingkuhan Lancelot dengan Guinevere. Pada hukumannya Guinevere diselamatkan oleh Lancelot. Banyak ksatria seperti Agravain, Gareth dan Gaheris meninggal dibunuh Lancelot.

Gawain mendesak rajanya untuk mencari Lancelot. Dalam pencariannya Mordred melakukan pemberontakan. Mordred meninggal dalam perang Camlann dan Arthur terluka parah.

Ketika Arthur akan dibawa ke Avalon, Bedivere diserahi Excalibur untuk dibuang. Setelah itu Constatine ditunjuk untuk mengantikan Arthur.



Pranala Sumber : 


Comments